Ditinjau Langsung Wapres, UMKM Akui Peran Pemprov Sulsel

  • Whatsapp
Ditinjau Langsung Wapres, UMKM Akui Peran Pemprov Sulsel

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Kunjungan kerja Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin ke Provinsi Sulawesi Selatan membawa manfaat bagi pelaku UMKM di Sulsel. Pasalnya, Wapres bakal meninjau langsung beberapa produk kebanggaan Sulsel, yang didampingi Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Kantor Gubernur, Senin (31/1/2022).

Dalam pameran UMKM itu ditampilkan beragam produk. Mulai dari aksesoris, pakaian hingga produk makanan dan minuman.

Bacaan Lainnya

Salah satunya UMKM Chalodo dari Luwu Utara dengan produk  permen coklat. Owner Chalodo, Baharuddin Iskandar mengaku antusias mengikuti pameran UMKM yang dihadiri oleh Wapres tersebut.

“Produk kami ini mulai tanam, petik, olah dan jual dilakukan oleh petani dari Luwu Utara. Selain coklat, kami juga menampilkan kopi dari Seko. Alhamdulillah, kita mendapat support dan dukungan dari Pemerintah Provinsi, dan kita sudah melakukan penjualan, misalnya di Surabaya bahkan di Arab Saudi. Kami harap adanya support dari Pemerintah pusat untuk pengembangan UMKM,” harap Baharuddin.

Selain itu, adapula Koperasi Sutera Sengka. UMKM dari Wajo yang Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel dan Dinas Perindustrian Sulsel ini, menampilkan beragam hasil produk seperti sarung selendang, kemeja, sarung, dan hijab.

Pelaku UMKM lainnya, yakni CV Coconut Internasional Indonesia dari Makassar. Mereka menampilkan produk-produk andalannya, seperti Teh Nipah yang merupakan minuman kesehatan yang tren di Korea. Selain itu, gula lontar atau palm jaggery, kayu sanrego, dan briket arang tempurung kelapa.

“Produk Briket arang tempurung kelapa ini kami sudah ekspor hampir semua negara di Timur Tengan serta eropa, seperti Jerman, Inggris, Turki, dan Rusia. Untuk produk gula lontar, kami sementara melengkapi izin untuk ekspor ke Korea,” jelas Asriani, Dirut CV. Coconut Internasional Indonesia.

Menurutnya, capaian itu tak terlepas dari dukungan Pemprov Sulsel. “Terutama bagaimana Pemprov mendorong kami untuk naik kelas, seperti memfasilitasi untuk pameran di Turki. Pemprov juga mendorong kami untuk Go Internasional,” akunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Abd. Malik Faisal mengaku bahwa Plt Gubernur selalu mendorong bagaimana pengembangan UMKM dilakukan.

“Diantaranya melalui peningkatan kualitas produk melalui konsultasi kemasan produk bagi UMKM, fasilitasi sertifikasi produk, pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan SDM bagi UMKM,” jelasnya. (eky)