Cuaca Ekstrim Dandim 1426/Takalar  Minta Warga Perlu Waspada,Tiga Hari Kedepan

  • Whatsapp
Cuaca Ekstrim Dandim 1426/Takalar  Minta Warga Perlu Waspada,Tiga Hari Kedepan

TAKALAR, UPEKS.co.id–Menyikapi peringatan dini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Selatan dalam tiga hari ke depan (tanggal 18-20 Januari 2022) tentang perkiraan cuaca akan terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai dengan angin kencang yang bisa terjadi di  wilayah Sulawesi Selatan, Komandan Kodim 1426/Takalar , Letkol Czi Catur Witanto, S.I.P., M.Si., M.Tr. (Han) langsung mengambil langkah untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem tersebut.

Saat ditemui, Dandim  mengatakan hal yang perlu perlu dilakukan antara lain memangkas dahan dan ranting pohon yang rapuh, dan menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang serta melakukan penghijauan secara lebih masif. Selasa (18/01/2022)

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut dijelaskan, selain itu yang perlu dilakukan adalah penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan  penebangan pohon dengan tidak terkontrol dan memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan,” ungkap Dandim

Selain itu, Dandim juga mengemukakan agar menggencarkan himbauan, edukasi dan literasi untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian masyarakat dan pihak terkait dalam pencegahan serta pengurangan risiko bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi) dengan lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana. Ujar Dandim

Tak lupa Dandim juga mengingatkan bahwa dalam menghadapi cuaca ekstrem ini yang tak kalah penting adalah tetap meningkatkan kewaspadaan dan selalu berhati-hati dalam melakukan aktifitas. Tutup Dandim(Jahar)