Buka Porseni HAB Tingkat Provinsi, Begini Harapan Kakanwil Kemenag Sulsel 

  • Whatsapp
Buka Porseni HAB Tingkat Provinsi, Begini Harapan Kakanwil Kemenag Sulsel 

Bulukumba, Upeks.co.id —  Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia ke-76 tahun 2022.

Kantor Wilayah Kemenag Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar pekan olah raga dan seni (Porseni) tingkat provinsi yang diikuti oleh 24 kantor Kemenag kabupaten / kota se Sulawesi Selatan.

Bacaan Lainnya

Porseni tingkat Provinsi ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulsel Khaeroni dalam suatu upacara resmi yang digelar di lapangan  MAN 2 Bulukumba, Kamis, 6 Januari 2021.

Untuk diketahui, porseni HAB ke-76 tingkat Prov. Sulsel ini diisi dengan berbagai pertandingan dan perlombaan, diantaranya pertandingan futsal dan tenis lapangan. Kedua cabang ini telah dilaksanakan di Makassar pada tanggal 27 Desember 2021 lalu, dimana Kemenag Sinjai keluar sebagai juara pada cabang fursal dan Kemenag Enrekang menjuarai turnamen tenis lapangan.

Cabang olahraga lainnya adalah tenis meja dan  bulutangkis yang dihelat pada hari ini (6/1) di GOR Gelanggang Remaja Bulukumba. Sementara untuk cabang seni akan digelar lomba bintang karaoke  pada hari Jumat 7 Januari 2022 di aula Kantor Kemenag Bulukumba.

Selaku pembina upacara, Kakanwil Kemenag Sulsel Khaeroni dalam amanatnya menyampaikan harapannya tentang perlunya perebutan  juara umum pada event seperti ini agar peserta dari Kemenag kabupaten / kota lebih termotivasi untuk  memperebutkan yang terbaik

“Ini ajang silaturrahim. Jangan sekali-sekali menggunakan kekerasan untuk mengekspresikan euforia kemenangannya. Ini hanya sekedar silaturrahim. Mari kita bertanding dengan bergembira, mari kita berlomba dengan penuh kegembiraan”, tuturnya.

Selain menyampaikan harapannya tentang kegiatan Porseni HAB, Kakanwil Khaeroni juga menguraikan beberapa agenda penting di tahun 2022 dimana Sulsel bertindak selaku tuan rumah.

Khaeroni mengungkapkan bahwa pada tahun 2022, Prov. Sulsel akan menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga dan Seni Antar Pondok Pesantren (Pospenas) tingkat nasional. Oleh karena itu dirinya meminta kepada semua pihak di jajaran Kemenag Sulsel agar mempersiapkan sebaik-sebaiknya, baik selaku tuan rumah maupun dalam mengikuti perlombaan dan pertandingan.

Dia juga mengingatkan tentang dicanangkannya tahun 2022 oleh Presiden Joko Widodo sebagai tahun toleransi. “Saya minta kepada jajaran Kemenag di Prov Sulsel untuk terus menerus berupaya untuk saling memahami, saling menghormati, baik pikiran, tindakan dan sikap keberagaman. Mari kita bangun modersi beragama dengan cara saling memahi dan menghormati satu sama lain karena perbedaan itu adalah fitrah”, ucapnya.

Pada upacara pembukaan yang berlangsung khidmat ini, Kakanwil mengungkpakan ditunjuknya Sulsel menjadi pilot project tahun toleransi.

“Sulsel masuk dalam pilot project toleransi beragama, dan alhamdulillah pada peringatan Natal dan tahun baru Sulsel tidak mengalami persoalan apapun.  Terima kasih kepada seluruh ASN, tokoh adat dan tokoh masyarakat yang telah mencontohkan dan menunjukkan akhlakul karimah yang luar biasa”, imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Khaeroni juga menyampaikan tentang pola kepemimpinanya selaku Kakanwil yang lebih berorintasi pada dunia pendidkan.

“Saya dalam memimpin lebih banyak memperhatikan sektor pendidikan, terutama sarana prasarana madrasah dan Pondok Pesantren tertinggal dengan melibatkan beberapa stake holder”, ujarnya.

Wujud nyata dari bantuan stakeholder ini, kata Khaeroni, pada Jumat esok 7 Januari 2022 akan diresmikan RKB di MTs Tana Toa Kanjang yang pembangunannya dibiayai oleh Bank Syariah Indonesia (BSI). Kemudian pada malam ramah tamah akan diserahkan bantuan kepada 4 madrasah tertinggal di Sulsel.

Upacara pembukaan Porseni ini selain dihadiri oleh perwakilan atlit dari 24 kabupaten / kota se Sulsel, juga hadir Kepala Bagian Tata Usaha, para Kepala Bidang dan Pembimas lingkup Kanwil Kemenag Sulsel serta Kakan Kemenag kabupaten / kota se Sulsel, Kepala Balai Litbang Keagamaan Makassar dan Ketua PCNU Kab. Bulukumba. (rls)

Pos terkait