Buka Musyawarah Tudang Sipulung, Camat Dua Pitue Bacakan Sambutan Tertulis Bupati Sidrap

  • Whatsapp
Buka Musyawarah Tudang Sipulung, Camat Dua Pitue Bacakan Sambutan Tertulis Bupati Sidrap

SIDRAP,UPEKS.co.id— Musyawarah Tudang Sipulung (MTS) Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Sidrap tahun 2022, berlanjut di Kecamatan Duapitue, Kamis pagi, 26 Januari 2022.

Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Camat Dua Pitue, dibuka Camat, Andi Sammang. Acara dihadiri Ketua KTNA Sidrap, Abdul Samad selaku moderator, Kepala Bidang Tanaman Pangan, Arief Gunawan Sukardin, Kabid Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air , Muhammad Yusuf Thamrin, Kabid Perikanan Muhammad Irzul Z,  Kepala BPP Duapitue, H. Sainar, Analis Kebijakan Bagian Ekonomi Pemkab Sidrap, Ema Amalia, dan Kepala UPTD Irigasi Duapitue, Abdul Rasyid.

Bacaan Lainnya

Agenda tahunan ini juga diikuti pallontara,unsur Kepolisan, TNI, pengamat hama, BPP, PPK, Ketua Gapoktan, kelompok tani, penyuluh, Kepala Desa/Lurah, distributor, petugas irigasi, dan unsur terkait lainnya.

Membacakan sambutan tertulis Bupati Sidrap H. Dollah Mando, Camat Dua Pitue  A. Sammang mengatakan musyawarah tudang sipulung terpadu merupakan pertemuan untuk membicarakan masalah-masalah pertanian yang dihadapi musim tanam sekarang sebagai pedoman pada musim tanam berikutnya. 

“Sehingga semua komponen penyedia sarana produksi usaha tani dan pengelolaan hasil serta pemasaran siap memberi dukungan sebelum kegiatan usaha tani dimulai,” ujar Andi Sammang.

“Musyawarah tudang sipulung Tingkat Kecamatan yang hasil rumusannya akan dilanjutkan pada musyawarah tudang sipulung Tingkat Kabupaten, diharapkan dapat memberikan hasil rumusan yang bermanfaat dan berguna dalam peningkatan produksi guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani sebagai tujuan dan cita-cita bersama,” ungkap A.Sammang.. 

Ia berharap musyawarah tudang sipulung terpadu tahun ini, akan lahir kebijakan-kebijakan produktivitas dan kualitas untuk mengangkat produksi, dalam rangka mendukung swasembada Pangan Nasional.

Adapun draft rumusan hasil musyawarah tudang sipulung terpadu Tingkat Kecamatan Dua Pitue tahun 2022 di antaranya pola tanam pada lahan irigasi teknis (Padi –Padi-Padi), sementara pada lahan tadah hujan (Padi-Jagung-Padi).

Disebutkan pula, luas areal rencana tanam sawah irigasi teknis, setengah teknis, dan tadah hujan di Kecamatan Dua Pitue seluas 5.632,41 Ha, diperkirakan panen pada Agustus 2022 karena curah hujan pada saat itu sangat rendah (cerah), urai A.Sammang Saat membacakan sambutan Bupati Sidrap. (Risal Bakri)