Utamakan Mutu Layanan, RSUD Sawerigading Siap Akomodir Masukan BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan

  • Whatsapp
Utamakan Mutu Layanan, RSUD Sawerigading Siap Akomodir Masukan BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan

Bacaan Lainnya

 

Palopo, upeks.co.id – Sebagai proses evaluasi sebelum BPJS Kesehatan melanjutkan kerja sama kembali dengan fasilitas kesehatan yang telah menjadi mitranya, BPJS Kesehatan Cabang Palopo melakukan proses rekredensialing di salah satu rumah sakit di Kota Palopo yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Sawerigading, Selasa (16/11). Kegiatan rekredensialing ini dilakukan langsung bersama perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Palopo.

“Kegiatan ini dilakukan sekali setahun namun penting bagi kami agar kami mendapatkan masukan dari pihak BPJS Kesehatan terkait sarana dan prasarana, SDM, administrasi dan tentu saja pelayanan kepada peserta Program JKN-KIS sehingga secara keseluruhan pelayanan yang kami berikan bisa optimal,” kata Direktur RSUD Sawerigading, dr. Nasaruddin.

Disampaikan Nasaruddin bahwa dirinya dan manajemen rumah sakit tentunya tidak dapat melihat secara keseluruhan potret pelayanan di rumah sakit. Untuk itu dirinya berharap BPJS Kesehatan dapat membantu untuk mendeteksi hal-hal yang sekiranya butuh perbaikan dari manajemen RSUD Sawerigading, salah satunya melalui kegiatan rekredensialing ini. Ia pun menegaskan bahwa setiap masukan yang diberikan BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan akan direspon dan ditindaklanjuti secara positif.

Menyambung penyampaian dari Direktur RSUD Sawerigading, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo Harbu Hakim turut menjelaskan harapan-harapan dari BPJS Kesehatan sendiri akan kegiatan rekredensialing kali ini.

“Melalui kegiatan ini kita bisa saling memberi masukan tentunya ke arah perbaikan. Apalagi RSUD Sawerigading ini adalah satu-satunya rumah sakit tipe B di wilayah Luwu Raya yang bisa saja menjadi cerminan pelayanan Program JKN-KIS se-Luwu Raya. Kami berharap manajemen rumah sakit dapat berinovasi melakukan upaya peningkatan kualitas layanan bagi peserta JKN-KIS yang membutuhkan layanan kesehatan,” jelasnya.

Beberapa hal yang menjadi perhatian sebagai hasil monitoring dan evaluasi dalam proses rekredensialing kepada pihak RSUD Sawerigading di antaranya perlu dioptimalkannya digitalisasi layanan rumah sakit. Pasalnya, digitalisasi layanan yang menjadi salah satu fokus BPJS Kesehatan saat ini, khususnya yang berkaitan dengan mutu layanan kepada peserta JKN-KIS. Di samping itu, penanganan keluhan juga harus dilakukan dengan communication skill yang baik sebab berkaitan pula dengan tingkat kepuasan peserta JKN-KIS. (nf/va)