Tak Miliki Kartu Vaksin, Warga Tidak Dilayani di Kantor Layanan Publik

  • Whatsapp
Tak Miliki Kartu Vaksin, Warga Tidak Dilayani di Kantor Layanan Publik

ENREKANG,UPEKS.co.id Bupati Enrekang mengeluarkan Instruksi tentang Pedoman Pelaksanaan pemberlakukan  kegiatan pelayanan umum di masa pandemi Covid-19 dalam rangka percepatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Enrekang.

Instruksi tersebut adalah tindak lanjut Peraturan Presiden no. 14 tahun 2021. Hal ini disampaikan Kabag Hukum Pemkab Enrekang Dirhamsyah kepada Upeks, Senin (6/12/2021) melalui telepon seluler.

Bacaan Lainnya

Kabag Hukum mengatakan, Pada Peraturan Presiden tersebut terdapat pasal 13 a dan 13 b yang menjelaskan terkait Perpres tersebut.

“Pada Pasal itu disebutkan penghentian dan penundaan sementara Jaminan sosial dan bantuan sosial, yang kedua penghentian dan penundaan sementara layanan administrasi Pemerintahan. Sementara pada pasal 13b menjelaskan tentang sanksi dan denda,” Kata Dirhamsyah.

Dirhamsyah menjelaskan dari dasar itulah Pemerintah menghadirkan Instruksi Bupati yang mencakup segala pelayanan umum yang ada di Pemerintahan Enrekang, baik di Kepolisian,TNI, BUMN dan semua pelayanan yang bersifat umum.

Masyarakat yang akan melakukan pengurusan administrasi pada satu Instansi harus menunjukkan kartu vaksin. Jika tidak maka masyarakat tidak akan dilayani.

“Karena diamanat Perpres disebutkan penghentian dan penundaan Jadi bagi masyarakat yang akan mengurus sesuatu baik di Pemerintahan, Kepolisian dan tempat layanan umum lainnya harus menunjukkan kartu vaksin minimal vaksin pertama jika tidak  maka tidak akan dilayani,” ujarnya.

Instruksi Bupati Enrekang yang terbit 2 Desember 2021 bertujuan untuk percepatan vaksin dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Karena anjuran Pemerintah Pusat ada dua, pertama Masker dan kedua vaksin. Jadi Instruksi Bupati itu adlah salah satu upaya pencegahan Covid-19,” Tutupnya.

Sementara itu beberapa Camat sudah melakukan sosialisasi terkait Instruksi Bupati. Salah satunya Camat Anggeraja, Suparman.

Suparman melakukan sosialisasi agar masyarakat tahu jika akan mengurus sesuatu di kantor manapun di Enrekang harus memperlihatkan kartu vaksin.

“Jadi saya sudah sampaikan ke masyarakat agar mereka nantinya tidak kaget dan segera melakukan vaksin. Kecuali bagi mereka yang penyakit bawaan atau penyakit lain yang tidak bisa mendapatkan vaksin dan itupun harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter yang kerkompeten,” ujar Camat Anggeraja. (sry)