Sinergi BUMD, Fokus Tingkatkan Setoran PAD

  • Whatsapp
Sinergi BUMD, Fokus Tingkatkan Setoran PAD

PANGKEP,UPEKS.co.id Badan usaha milik daerah (BUMD) milik pemerintah kabupaten (Pemkab) Pangkep bersinergi guna meningkatkan pemasukan pendapatan asli daerah (PAD).

Adapun BUMD milik Pemkab Pangkep, Perumda Mappatuwo, Perumda BPR Citra Mas dan PDAM.

Bacaan Lainnya

Direktur Perumda Mappatuwo Arfan Tualle menerangkan, anggapan bahwa BUMD yang selalu merugi harus ditepis.

Sebagai dirut baru, ia telah menandatangai fakta intgeritas dihadapan bupati sebagai pemilik saham, jika dalam setahun tidak membawa perubahan ia akan mundur.

Lanjut Arfan, 29 hari pasca dilantik sebagai direktur. Ia telah membukukan laba sebesar Rp 50 juta yang akan disetor sebagai PAD.

Dikatakan Arfan, saat ini Mapptuwo menjalankan tiga unit bisnis. PLTS, SPBN dan pengelola tenaga kerja Outsourcing PT Semen Tonasa.

Kedepan katanya, Perumda Mapptuwo akan menambah unit bisnis. Pengelolaan Mattampa Inn. Meliputi pengelolaan gedung, kawasan kuliner khusus makanan ikan bolu. Kedua, pabrik es batu di kawasan pelabuhan Maccini Baji dan pasar Palampang.

Ketiga, pengelolaan e commerce Balu-baluna Pangkep. Menjadi pusat oleh-oleh dan cendaramata khas Pangkep.

“Dengan unit bisnis yang ada sekarang, ditambah unit bisnis yang akan dikelola. Kami optimis, setoran PAD bisa meningkat,” katanya.

Optimisme serupa disampaikan direktur PD BPR Citramas Andi Satriawan, meski diakui saat ini BPR Citra Mas masih melakukan pembenahan. Namun, lima bulan pasca dilantik ia dan jajaran telah membukukan laba sebesar Rp240 juta.

Kedepan lanjutnya, pihaknya telah menyusun rencana program tahun 2022. Dengan targer laba Rp750 juta. (Sah)