Perusahaan di Kolaka Diharap Serap Tenaga Kerja

  • Whatsapp
Perusahaan di Kolaka Diharap Serap Tenaga Kerja

KOLAKA,UPEKS.co.id— Kepala Bappeda Kolaka Sulawesi Tenggara(Sultra) H Sjamsul Kadar Hanise, berharap tiga perusahaan bergerak dalam bisnis pertambangan bisa memberikan kontribusi besar terhadap pemanfaatan tenaga kerja (Naker) lokal.

Tiga Perusahaan ini merupakan Perusahaan Strategi Nasional(PSN) PT.Antam,Tbk PT.Vale Indonesia dan PT Ceria Nugraha Indotama(CNI) serta perusahaan-perusahaan lainnya. Hal itu diungkapkan Kadar kepada wartawan di Aula Sasana Praja Pemda Kolaka pada(1/12/21) usai bertindak selaku moderator dalam rangka pelaksanaan Menara Vokasi rencananya akan dilaksanakan pada(6/12/21) mendatang dengan menghadirkan sejumlah Menteri dan Dirjen Kementrian.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan bahwa acara ini sudah lama didengungkan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo, selanjutnya ditindak lanjuti oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen Vokasi, menyampaikan bahwa ada lima daerah menjadi pilot project menara vokasi diantaranya Medan, Riau, Banjarmasin, Lombok dan Kabupaten Kolaka. 

“Alhamdulillah apa yang dicanangkan oleh bapak bupati dan wakil bupati untuk merangkum semua dunia usaha dalam rangka mendirikan Universitas Politeknik di Kolaka.

 

“Politeknii dipersiapkan untuk menampung anak-anak Kolaka maupun dari luar Kolaka mengasah Sumber Daya Manusia, sehingga kebutuhan SDM yang terampil bisa disalurkan pada  perusahaan besar seperti Antam, Vale dan Ceria,”jelas Kadar.

Dengan kehadiran Politeknik di Kolaka juga bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda Kolaka agar tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri.

“Diharapkan 10 sampai 15 tahun kedepan sudah bisa mempersiapkan anak-anak kita dengan SDM yang siap pakai, tenaga apapun yang diminta oleh setiap perusahaan semuanya kita siapkan,”harapnya.

Lanjutnya cita-cita luhur yang dicetiskan oleh Bupati bersama wakilnya sebagaimana yang tertera dalam 9 program prioritas salah satunya masalah pendidikan dan budaya.

“Semoga menara vokasi yang nantinya akan dicanangkan di Kabupaten Kolaka pada 6 Desember 2021mendatang bisa terwujud dengan baik. Tentunya ini juga melibatkan peranan dari semua media,”ujarnya.(pil)