Pemerintah Kabupaten Luwu Pastikan Masyarakat Terjamin JKN-KIS

  • Whatsapp
Pemerintah Kabupaten Luwu Pastikan Masyarakat Terjamin JKN-KIS

 

Luwu, upeks.co.id– Pemerintah Kabupaten Luwu berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), khususnya dalam memperluas cakupan kepesertaan. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Luwu bersama BPJS Kesehatan melakukan penandatanganan Addendum PKS tentang Kepesertaan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) Pemda Kabupaten Luwu, serta penandatanganan nota kesepahaman tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional, Jumat (19/11).

Bacaan Lainnya

“Penandatanganan nota kesepakatan ini menandakan bahwa Pemerintah Kabupaten Luwu berkomitmen untuk bersinergi bersama mengawal Program JKN-KIS selama lima tahun ke depan agar dapat berjalan dengan optimal. Kami berharap komitmen ini dapat diikuti oleh pemerintah daerah lainnya,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Harbu Hakim.

Addendum PKS tentang Kepesertaan PBPU BP Pemda Kabupaten Luwu sendiri merupakan perpanjangan masa berlaku PKS yang awalnya masa berlaku PKS mulai dari bulan Januari hingga November 2021, berubah menjadi dari bulan Januari hingga Desember 2021. Sementara ruang lingkup nota kesepahaman yang dimaksud mencakup penguatan komitmen Pemerintah Kabupaten Luwu dalam pelaksanaan Program JKN-KIS, optimalisasi penyelenggaraan Program JKN-KIS, dan sosialisasi bersama terkait Program JKN-KIS. Untuk masa berlaku nota kesepakatan ini sendiri adalah hingga tahun 2026 atau berjangka waktu 5 tahun sejak tanggal ditandatangani.

“Kami siap mendukung Program JKN-KIS agar dapat terus memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat. Kami berkomitmen memastikan masyarakat setempat terlindungi oleh jaminan kesehatan yang berkualitas dan dapat mengakses layanan kesehatan yang diperlukan dengan mudah,” ucap Bupati Luwu, Basmin Mattayang.

Kegiatan penandatanganan ini juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 tingkat Kabupaten Luwu, seperti senam bersama dengan pimpinan dan jajaran RSUD Batara Guru, serta para tenaga kesehatan dari Puskesmas se- Kabupaten Luwu. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan 11 unit ambulans dan sejumlah penghargaan kepada beberapa Puskesmas oleh Bupati Luwu. (nf/va)