Mini Pasar Tani Digelar Ditengah Kampanye Germas, Sayur Dan Buah Fresh Dan Bersih

  • Whatsapp
Mini Pasar Tani Digelar Ditengah Kampanye Germas, Sayur Dan Buah Fresh Dan Bersih

ENREKANG, UPEKS.co.id — Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Enrekang menggelar Mini Pasar Tani Sesi ketiga di Anjungan Sungai Mata Allo, Enrekang. Ini adalah kali ketiga Dinas Pertanian melakukan kegiatan tersebut. Sebelumnya mini pasar tani dilakukan dihalaman kantor Dinas Pertanian.

Hasdiana, Kepala Seksi Produksi Holtikultura Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan yang dulu Dinas Pertanian Enrekang menjelaskan kegiatan ini adalah kolaborasi dengan Dinas Kesehatan yang sedang melakukan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Bacaan Lainnya

” Jadi nanti dari Dinkes ada sendiri juga kampanyenya. Kita menyemarakkan dengan menghadirkan pasar tani untuk mendukung peningkatan pola konsumsi pangan, seperti sayuran dan buah-buahan”. Ujarnya.

Hasdiana mengatakan, apa yang di sajikan ini Adalah hasil pertanian  dari Kelompok tani dan Forum KWT yang telah di bina oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Enrekang.

Bedanya dengan kebanyakan sayuran yang dijual di pasaran adalah, sayur dan buah yang dijual di Mini Pasar Tani ini ada sedikit perbedaan harga dan kualitas dari hasil pertanian yang ditampilkan dijamin masih fresh dan bersih.

” Kualitas misalnya dari Gradenya, kesegaran sayur dan buah, semuah yang ditampilkan di mini pasar tani masih fresh, disortir,bersih dan sudah di Packing sehingga bisa dijual di Minimarket”. Kata Hasdiana.

Salah satu tujuan Gelar Mini Pasar Tani ini adalah membantu masyarakat petani untuk memasarkan produksi pertanian mereka. Selain itu masyarakat juga dapat dengan mudah mendapatkan sayur dan buah yang dijamin masih segar dan kualitasnya baik.

Darmawati Anto, Asisten 1 mengatakan kegiatan ini sangat baik dan perlu di support. Dia berharap apa yang dilakukan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Enrekang bisa berkesinambungan agar masyarakat petani dapat terbantu dalam proses pemasaran hasil pertanian.

” Kegiatan ini sangat baik Yaa. Jadi mungkin Dinas terkait bisa melihat momen jika kebetulan ada kegiatan untuk mengikutkan kegiatan pasar tani ini. Seperti kegiatan senam misalnya, jadi habis mengikuti senam ibu-ibu bisa langsung berbelanja sayur dan buah di tempat yang sama”. Pungkas mantan Kadis Pertanian Enrekang.

Kegiatan ini mendapat kunjungan Ketua TP PKK Kabupaten Enrekang, Hj. Johra MB dan jajarannya.Kunjungannya disambut Kabid Hortikultura Sabri, SP. MP

Sebelumnya, istri Bupati Enrekang H Muslimin Bando ini mengikuti senam yang digelar Dinkes Enrekang dan memberikan sambutan terkait kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas).

Johra MB mengatakan dengan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dapat mencegah berbagai penyakit menular dan penyakit tidak menular.

” Kegiatan Germas ini telah dilakukan dengan berbagai cara seperti melakukan senam, Jumpa Darling ( Jumat Bersih Sadar Lingkungan) Kampanye PHBS dan berbagai kegiatan lainnya”. Kata mantan Johra.

Dia berharap dengan menerapkan Germas secara berkesinambungan, masyarakat Enrekang dapat hidup lebih sehat, dapat mencegah stunting dan melahirkan generasi yang cerdas dan sehat. (Sry)