Mahasiswa IAI Muhammadiyah Sinjai Berguru Hukum dan Etika Jurnalistik

  • Whatsapp
Mahasiswa IAI Muhammadiyah Sinjai Berguru Hukum dan Etika Jurnalistik

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai, melakukan kunjungan studi lapangan ke dapur redaksi Harian Ujungpandang Ekspres, Selasa (14/12/2021).

Studi lapangan yang diikuti 18 mahasiswa itu, menitikberatkan pada penguatan Hukum dan Etika Jurnalistik, sebagaimana dunia jurnalistik dan profesi jurnalis terikat oleh Undang-undang penyiaran dan Etika jurnalistik dalam melakukan dan menghasilkan produk jurnalistik untuk masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Kedatangan kami untuk menimba pengalaman bagaimana sebenarnya jurnalis bekerja dengan penerapan hukum dan etika jurnalistik,” ungkap Mukhlis S.Kom.I M.Sos.I, Dosen Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam IAI Muhammadiyah Sinjai, yang mendampingi mahasiswanya.

Pemimpin Redaksi Harian Ujungpandang Ekspres, Dr Rusli Siri MM, yang menerima kunjungan tersebut, mengatakan, data dan fakta merupakan pegangan jurnalis dalam menurunkan sebuah berita. Berita yang sesuai fakta dan diperkuat oleh data yang berimbang adalah kekuatan hukum.

Wartawan dalam menjalankan profesinya juga diikat oleh etika. Sehingga, barangsiapa yang melenceng dari etika dan aturan juga bisa dipidana.

Sementara itu, Wakil Direktur Harian Ujungpandang Ekspres, Muh. Akbar, menyambut hangat kunjungan mahasiswa dan dosen IAI Muhammadiyah Sinjai ke redaksi Upeks.

“Terima kasih atas kunjungannya. Semoga kunjungan ini membawa manfaat untuk para mahasiswa menapaki dunia jurnalistik,” ujarnya. (suk)