Lisa: Meski Sudah Punya JKN-KIS, Pola Hidup Sehat Tetap Harus Diprioritaskan

  • Whatsapp
Lisa: Meski Sudah Punya JKN-KIS, Pola Hidup Sehat Tetap Harus Diprioritaskan

 

Bacaan Lainnya

Makale, upeks.co.id – Menjaga kondisi fisik tetap sehat merupakan prioritas utama bagi setiap individu. Kesehatan bisa diperoleh mulai dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Namun seringkali hal tersebut diabaikan sehingga berpotensi  menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satu pola hidup sehat yang sering diabaikan adalah membiasakan diri minum air putih mengingat bahwa air merupakan asupan penting yang menunjang kinerja organ tubuh.

Hal tersebut pula yang seringkali diakui dilupakan oleh Lisa Susanti (16), salah seorang pelajar di Kabupaten Tana Toraja yang juga merupakan peserta Program JKN-KIS segmen PBI APBD. Ketika ditemui di salah satu ruang perawatan RS Fatima Makale, ia menceritakan pengalamannya saat mendapatkan layanan di rumah sakit.

“Awalnya saya merasakan nyeri pinggang di sebelah kanan namun saya abaikan karena mengira hanya sakit perut biasa. Tapi beberapa kali gejala tersebut muncul dengan nyeri yang lebih besar sehingga saya putuskan untuk memeriksakan diri di Puskesmas Rantetayo. Kemudian saya mendapat rujukan ke rumah sakit untuk menjalani beberapa pemeriksaan oleh dokter termasuk tes urine,” ujar Lisa, Selasa (23/11).

Hal tersebut mengingatkannya dengan kebiasaan buruk yang ia lakukan selama ini, yaitu jarang mengonsumsi air putih dan seringkali menahan buang air kecil. Kebiasaan tersebut tentu menimbulkan efek yang negatif bagi tubuh mulai dari efek ringan hingga dampak buruk bagi kesehatan untuk jangka panjang.

“Setelah pemeriksaan tersebut ternyata saya mengalami infeksi saluran kemih. Syukurlah segera ditangani dengan baik oleh dokter, saya berikan obat serta antibiotik juga diedukasi agar mulai menjaga pola hidup sehat. Bersyukurnya saya merupakan peserta JKN-KIS bantuan pemerintah sehingga semua biaya dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Pelayanan yang saya terima juga memuaskan karena petugas medis selalu ada ketika dibutuhkan dan juga selalu mengecek kondisi pasien. Walaupun di kelas III namun tidak dibeda-bedakan,” tambahnya.

Lisa bersyukur ia bisa menjadi salah satu dari sekian banyak orang yang mendapatkan bantuan pemerintah melalui pemberian jaminan kesehatan. Sebagai seorang pelajar, hal tersebut tentu mengurangi kekhawatirannya ketika mengalami masalah kesehatan seperti yang tengah ia alami mengingat di usianya yang terkadang rentan terhadap penyakit akibat pola hidup yang kurang sehat.

“Harapannya kami Program JKN-KIS ini terus berjalan dan terus membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” ucapnya.