Lewat Posko Baubau Peduli, Melani Kenalkan JKN-KIS ke Masyarakat

  • Whatsapp
Lewat Posko Baubau Peduli, Melani Kenalkan JKN-KIS ke Masyarakat

 

Bacaan Lainnya

Baubau, upeks.co.id – Sedia payung sebelum hujan, seperti itu peribahasa untuk menggambarkan manfaat dari memiliki jaminan kesehatan sebelum jatuh sakit. Hal ini yang dirasakan Melani (39), seorang warga Kelurahan Wajo, Kecamatan Murhum, Kota Baubau. Ia merupakan peserta Program JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang mengakui merasakan banyak manfaat dari program ini.

“Saya telah lama terdaftar Program JKN-KIS ini, kebetulan suami Pegawai Negeri Sipil (PNS) jadi menanggung saya dan anak-anak,” ungkapnya saat ditemui di Puskesmas Wajo, Rabu (24/11).

Melani memiliki penyakit jantung bawaan sejak lahir, yang membuat ia harus tetap selalu menjaga kesehatan dan tidak boleh terlalu lelah. Ia mengungkapkan bahwa selama pengobatan selalu menggunakan kartu JKN-KIS, dan ia selalu dilayani dengan sangat baik di Puskesmas.

“Sakit saya ini sejak lahir, beberapa hari lalu kambuh bersamaan dengan asam lambung, karena tidak tahan saya meminta suami untuk mengantarkan ke Puskesmas Wajo tempat fasilitas kesehatan saya terdaftar. Selama menjalani perawatan di sini, saya diperlakukan dengan sangat baik dan tidak dibeda-bedakan antara pasien JKN-KIS dengan pasien umum. Selain itu juga tidak ada biaya sepeserpun yang dikeluarkan,” ujar Melani.

Selain mengurus keluarga, Melani juga aktif di organisasi yaitu Posko Baubau Peduli. Posko ini ia dedikasikan untuk membantu masyarakat tidak mampu yang membutuhkan bantuan pengobatan. Melalui posko ini juga ia menyosialisasikan pentingnya terdaftar Program JKN-KIS kepada masyarakat yang dikunjunginya.

“Setiap mendatangi keluarga pasien yang membutuhkan bantuan, saya selalu memastikan mereka telah terdaftar Program JKN-KIS, tak hanya ke keluarga pasien, tetangga mereka pun saya infokan,” ucapnya.

Melani pun berharap agar Program JKN-KIS terus berlanjut dan berkembang, karena sangat membantu masyarakat termasuk dirinya dan pasien yang ia tangani di posko. Ia pun bertekad untuk selalu menginfokan betapa pentingnya terdaftar Program JKN-KIS ini.

“Saya sudah paham dan rasakan betul manfaat Program JKN-KIS ini, tidak akan berhenti di saya saja, manfaat ini akan saya infokan ke masyarakat lainnya,” ujarnya(mf/se).