Ladokgi TNI AL Lantamal VI Bersama IDGAI-PERDOSRI-KOADS Makassar Gelar Bakti Kesehatan Untuk Anak Disabilitas

  • Whatsapp
Ladokgi TNI AL Lantamal VI Bersama IDGAI-PERDOSRI-KOADS Makassar Gelar Bakti Kesehatan Untuk Anak Disabilitas

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Menjelang peringatan Hari Armada RI Tahun 2021,Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM)  Lembaga Kodekteran Gigi (Ladokgi) TNI AL  Yos Sudarso Dan  Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal VI)  Makassar bekerja sama dengan Ikatan Dokter  Gigi Anak Indonesia (IDGAI) Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat, dan Perhimpunan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik (PERDOSRI) Wilayah Sulawesi dan Papua serta Komunitas Orang tua Anak dengan Down Syndrome (KOADS) menggelar Bakti Kesehatan untuk anak penyandang Disabilitas bertempat di RSGM Ladokgi Yos Sudarson Makassar, Sabtu (04/12/2021).

Dengan menyandang tema “Armada RI Kasatria Pengawal Samudera Untuk Indonesia Tumbuh, Indonesia Maju” serta dalam rangka Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 03 Desember 2021 kemarin, Bakti Kesehtan yang dilaksanakan adalah berupa pengobatan Gigi dan Mulut, aplikasi fluorida topikal, edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada orang tua anak Down Syndrome  serta pemeriksaan fungsional dan Skrining Kelainan Postur pada Anak-anak Down Syndrome kepada anak-anak penyandang disabilitas dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP, yang diwakili oleh Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Marsono, S.A.P., menyampaikan bahwa program Bakti Kesehatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi terhadap kepedulian sosial di masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai dengan saat ini.

“Oleh karena itu, Lantamal VI Makassar sebagai bagian dari TNI AL, mendukung penuh upaya kegiatan Bakti Kesehatan dalam rangka Hari Armada RI dan Hari Disabilitas Internasional tahun 2021, yang di dalamnya dengan memberikan pelayanan Kesehatan gigi dan mulut serta rehabiliti medik kepada anak-anak down syndrome atau dengan berkebutuhan khusus yang dilaksanakan di salah satu fasilitas Kesehatan TNI Angkatan Laut yaitu Ladokgi Yos Sudarso Makassar”, ujar Wadan Lantamal VI membacakan amanat Danlantamal VI.

Kaladokgi Yos Sudarso Makassar Letkol Laut (K) drg. I. Wayan Tapa Yasa, Sp. KGA, M. Tr. Hanla, M.M menyampaikan bahwa Bakti Kesehatan ini telah berhasil mengobati 57 anak penyandang disabilitas dari berbagai wilayah Kota Makassar. “Disamping pengobatan, kami juga membagikan bingkisan kepada para anak penyandang disabilitas tersebut sejumlah 57 bingkisan yang isinya adalah sikat dan pasta gigi serta sabun mandi”, ujar Kaladokgi Yos Sudarso Makassar.

Hadir dalam kegiatan ini, Aspers Dalantamal VI, Dandenma Lantamal VI, Kadiskes Lantamal VI, Kaladokgi Yos Sudarso Makassar, Wakil Ketua Korcab VI DJA II, Ketua Ikatan Dokter Gigi indonesia Sulselbar, Kepala dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Kepala Dinas Kesehatan kota Makassar. (rilis)