Kista Tuntas Terobati Tanpa Biaya Berkat JKN-KIS

  • Whatsapp
Kista Tuntas Terobati Tanpa Biaya Berkat JKN-KIS

 

Makassar, upeks.co.id – Nina (24) adalah seorang wanita yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI). Ibu dari dua anak ini pernah melakukan operasi pengangkatan kista di luar rahim dan mengaku sekarang telah sehat kembali.

Bacaan Lainnya

“Awal nya saya tidak menduga bahwa saya memilki riwayat penyakit kista, gejala pertama ialah saya sulit sekali buang air dan itu terjadi selama satu minggu, disertai perut yang terasa nyeri,” ujar Nina, Kamis (29/04).

Setelah mengetahui gejala penyakitnya, Nina kemudian memeriksakan dirinya ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) miliknya. Di FKTP tersebut Nina disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit rujukan.

“Saya dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara. Setelah diperiksa, saya diberitahu oleh dokter bahwa saya terkena penyakit kista, yaitu tumor yang tumbuh diluar kandungan di dalam perut saya, dan saya direkomendasikan untuk segera melakukan operasi agar penyakitnya tidak semakin menyebar. Awalnya saya dan keluarga saya merasa khawatir terkait pembiayaan, namun karena adanya kartu JKN-KIS dari BPJS Kesehatan, akhirnya saya menjalani operasi tersebut dan operasinya berjalan dengan lancar tanpa ada biaya, saya di rawat inap selama tiga hari di Rumah Sakit Bhayangkara,” ungkap Nina.

Selama perawatan Nina menyampaikan bahwa pelayanan yang diberikan di rumah sakit berjalan baik. Ia tidak merasakan adanya perbedaan antara menjadi pasien umum dan pasien JKN-KIS.

“Setiap hari saya selalu dikontrol oleh dokter dan susternya. Rumah Sakit Bhayangkara ini fasilitasnya sangat lengkap, perawat dan tenaga medisnya juga ramah serta yang penting tidak ada yang namanya membeda-bedakan pasien,” lanjut Nina.

Nina merasa sangat bersyukur, sekarang ia bisa melakukan aktivitas tanpa khawatir akan penyakitnya, karena dokter telah mengatakan bahwa Nina sudah sembuh total.

“Saya ucapkan terima kasih berkat BPJS Kesehatan saya bisa menjalani operasi kista ini tanpa biaya, dan saya kembali sehat seperti sedia kala, semoga Program JKN-KIS ini dapat terus berlangsung dan menjangkau seluruh warga yang membutuhkan bukan cuma saya, sehingga dapat merasakan sehat tanpa khawatir tidak memiliki biaya untuk berobat,” ucap Nina. (Ti)