Kadinkes: Masih Ada Distributor dan Toko Pajang Makanan Tidak Layak Konsumsi

  • Whatsapp
Kadinkes: Masih Ada Distributor dan Toko Pajang Makanan Tidak Layak Konsumsi

KOLAKA,UPEKS.co.id— Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru(Nataru) tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas(Kadis) Dinkes Kolaka Harun Masirri turun lapangan melakukan pengawasan terhadap makanan dan minuman pada(17/12/21).

Sasaran pengawasan di 12 titik terdiri dari distributor, agen, toko dan pasar moderen. Hasil pemeriksaan di lapangan masih ditemukan adanya makan dan minuman tidak layak konsumsi. 

Bacaan Lainnya

“Kami masih menemukan adanya distributor dan toko masih memajang makanan dan minuman tidak layak konsumsi(kadaluarsa),”ungkap Harun.

Dikatakannya pengawasan  makanan dan minuman di 12 titik ada di Kecamatan Kolaka, Latambaga dan Wundulako. Bahkan pengawasan di luar dari 13 titik tersebut ditemukan kemasan barang sudah rusak tetapi tetap masih dipajang seperti ditemukan tim pengawasan di salah satu kecamatan wilayah selatan. 

“Jadi pihak toko maupun distributor barang masih memajang barang kadaluarsa kami lakukan pembinaan,”kata Harun.

Menurut pernyataan sejumlah pemilik toko kata Harun bahwa mereka(pemilik toko) dijanjikan oleh pihak distributor untuk mengganti semua barang-barang sudah kadaluarsa.

Lanjut Harun selaku instansi terkait memiliki kewajiban dan tanggungjawab untuk memberikan perlindungan kepada semua masyarakat agar bisa memperoleh kebutuhan minuman dan makanan yang layak komsumsi.

“Kita punya tim khusus untuk melakukan pemantauan makanan dan minuman, dan bukan hanya dilakukan saat menjelang hari raya keagamaan, tetapi pengawasan itu rutin dilakukan,” ungkapnya. (pil)