Jaga Mutu Pelayanan Kesehatan Daerah Terpencil, BPJS Kesehatan Kunjungi Puskesmas Kondodewata

  • Whatsapp
Jaga Mutu Pelayanan Kesehatan Daerah Terpencil, BPJS Kesehatan Kunjungi Puskesmas Kondodewata

 

Bacaan Lainnya

Mappak, upeks.co.id – Guna terus menjaga dan menjamin mutu pelayanan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan Cabang Makale melakukan kunjungan ke Puskesmas Kondodewata yang berada di Kecamatan Mappak Kabupaten Tana Toraja, Rabu (24/11). Kecamatan Mappak sendiri berjarak kurang lebih sekitar 90 Km dari Pusat Kota Makale, Tana Toraja namun karena jalan yang dilewati masih banyak yang rusak dan belum beraspal perjalanan dapat ditempuh kurang lebih sekitar 5-6 jam.

Salah satu tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut, dr Filologus Siwabessy menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan Cabang Makale yang telah berkunjung ke Puskemas Kondodewata, ia juga mejelaskan kondisi seputar pelayanan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Puskesamas Kondodewata yang masuk dalam kategori Puskesmas yang terletak di daerah terpencil.

“Saya berterima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Makale yang telah datang ke Puskesmas Kondodewata guna melihat dan menilai secara langsung kondisi pelayanan Puskesmas yang diberikan, baik kepada masyarakat pada umumnya serta peserta JKN-KIS pada khususnya,” ujar Filologus.

Ia pun menambahkan walupun dalam kondisi yang terbatas dikarenakan jarak dan lokasi yang jauh dari pusat kota, namun ia dan tenaga kesehatan lainnya yang bertugas di Puskesmas Kondodewata tetap berkomitmen untuk menjaga mutu pelayanan kesehatan.

“Semua tenaga Kesehatan yang bertugas di Puskemas Kondodewata tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan peserta JKN-KIS. Kami juga siap meningkatkan kualitas pelayanan dengan melakukan berbagai inovasi yang memudahkan peserta JKN-KIS setempat dalam mengakses layanan kesehatan di sini,” tambah Fillologus.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Makale, Irmawati menjelaskan mengenai kegiatan rekredensialing di FKTP ini dilakukan untuk menillai kelayakan suatu fasilitias kesehatan.

“Baik itu puskemas, Dokter Praktik Perorangan, ataupun Klinik Pratama dalam hal pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS. Selain itu kegiatan ini juga sekaligus merupakan monitoring dan evaluasi terhadap komitmen FKTP dalam hal pemenuhan standar-standar layanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS,” tuturnya.