Irwan Djafar Gelar Sosper Retribusi Jasa Usaha

  • Whatsapp
Irwan Djafar Gelar Sosper Retribusi Jasa Usaha

MAKASSAR, UPEKS.co.id— Anggota DPRD Kota Makassar dari Fraksi NasDem H. Irwan Djafar. SE menggelar kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah mengenai Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha.

Retribusi Jasa Usaha merupakan pungutan atas pelayanan yang disediakan oleh Pemerintah Daerah dengan menganut prinsip komersial, baik itu pelayanan dengan menggunakan atau memanfaatkan kekayaan daerah yang belum dimanfaatkan secara optimal atau sepanjang belum dapat disediakan secara memadai oleh swasta.

Bacaan Lainnya

Tarif Retribusi Jasa Usaha sendiri didasarkan pada tujuan untuk memperoleh keuntungan yang layak, dalam artian keuntungan yang diperoleh apabila pelayanan jasa usaha tersebut dilakukan secara efisien dan berorientasi pada harga pasar.

Irwan Djafar menekankan pentingnya masyarakat mengetahui aturan dari retribusi ini. Agar retribusi dapat berjalan optimal. Irwan Djafar juga berharap peserta Sosper dapat menyebarkuaskan peraturan retribusi jasa usaha ini ke masyarakat lain.

Ada dua pembicara yang diundang pada Sosper kali ini, yakni A. Arianto, SH., MH selaku Kasubag Bantuan Hukum Bagian Hukum Setda Kota Makassar dan Arlin Ariesta, S.STP, M.Siselaku Plt. Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar.

Arianto mengatakan jika retribusi jasa usaha berjalan dengan baik maka akan menyukseskan pembangunan di Kota Makassar.

“Retribusi merupakan harapan kita semua dalam menyukseskan pembangunan. Untuk menyukseskan pembangunan, maka bagaimana mengelola retribusi dengan baik,” ujarnya.

Sementara Arlin Ariesta menjelaskan ada 28 item retribusi dalam retribusi umum, jasa usaha, dan retribusi hal tertentu.

“Retribusi jasa usaha pada intinya yang diadakan Pemkot dipungut atas pelayanan yang diberikan apabila menikmati usaha tersebut. Seperti vila, parkir, dan lainnya,” ujarnya. (jir)