Harap UMKM Naik Kelas, BRI Regional Makassar Bazaar di MP

  • Whatsapp
Harap UMKM Naik Kelas, BRI Regional Makassar Bazaar di MP

MAKASSAR,UPEKS.co.id-– Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah Makassar terus mendorong dan mengembangkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tergabung Klaster Mantriku. 

Hal tersebut disampaikan Regional CEO BRI Makassar, M Fikri Satriawan usai membuka Bazaar Klaster Mantriku, di Mal Panakukang (MP) Makassar, Minggu (12/12/2021).

Bacaan Lainnya

M Fikri Satriawan mengatakan, Bazaar Klaster Mantriku ini merupakan komitmen BRI Makassar untuk mendorong dan mengembangkan UMKM, khususnya usaha mikro, salah satunya dengan menaikkelaskan UMKM binaan. 

“Melalui Bazar Klaster Mantriku, BRI membantu memasarkan produk para pelaku UMKM, dan membuat produknya lebih dikenal masyarakat luas,” ujarnya.

Lanjut Fikri, saat ini jumlah klaster binaan kanwil BRI Makasar, yang sudah terdaftar di portal klasterkuhidupku.comsebanyak 305 klaster usaha.

“Yang ikut dalam kegiatan bazar kali ini 15 UMKM. Ada yang berasal dari Maros, Gowa dan Makassar. Setiap bulan, paling tidak ada 6 yang ikut bazar. Diupayakan semua nantinya bisa ikut kegiatan seperti ini,” tuturnya.

Saat ini, jenis-jenis usaha klaster yang sudah dibina BRI Kanwil Makassar, ada di berbagai sektor, baik produksi maupun non produksi.

“Sektor-sektor tersebut terdiri atas; pertanian 133 klaster, perikanan 30 klaster, pengolahan 109 klaster, jasa 10 klaster, perdagangan 19 klaster, dan pariwisata 4 klaster,” jelas Fikri.

Ditambahkan Fikri, total akuisisi simpanan klaster yakni Rp 232.077.256.197, sedangkan total akuisisi pinjaman Rp1.245.224.707.662.

“Kami sudah salurkan kredit, khusus untuk klaster binaan, sekitar Rp 1,2 triliun. Disamping itu, ada juga berupa bantuan peralatan juga sudah pernah kami salurkan,” ungkapnya. 

Dengan kegiatan bazar, Fikri berharap, para pelaku UMKM ini, bisa berkembang lebih baik lagi usahanya. Tentu ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi, mulai dari sektor yang paling kecil, mulai dari desa sampai ke kota. (Rasak)