Gelar Kunjungan Dapil, Haidar Madjid Ajak Warga Melihat Gedung Arsip

  • Whatsapp
Gelar Kunjungan Dapil, Haidar Madjid Ajak Warga Melihat Gedung Arsip

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Haidar Madjid, menggelar kegiatan Kunjungan Daerah Pemilihan (Dapil), Kamis (30/12/2021).

Anggota Komisi E yang berasal dari Fraksi Partai Demokrat ini menggagas sesuatu yang unik, yaitu menggelar Kunjungan Dapil di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Km. 11, Tamalanrea, Makassar.

Bacaan Lainnya

Dalam pengantarnya, Haidar Madjid menjelaskan bahwa kunjungan Dapil kali ini dimaksudkan untuk mendekatkan warga dan masyarakat dengan salah satu elemen penting dalam perjalanan sejarah, yaitu penyimpanan arsip.

“Kantor ini dulu dikenal sebagai Gedung Arsip. Disini banyak tersimpan berbagai dokumen yang memiliki nilai sejarah tinggi. Saya mengajak warga untuk melihat koleksi disini, mengingat pentingnya keberadaan arsip bagi perkembangan sejarah kita,” kata Haidar.

Kepala Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Patarai A. Burhan GS, S.Sos MM, yang menerima kunjungan menjelaskan bahwa dirinya sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Haidar Madjid, yang dinilainya inovatif.

Sepengatahuan dirinya, Kunjungan Dapil biasanya dilakukan dengan mendatangi warga, memggelar pertemuan di pekarangan rumah warga atau di aula kantor kelurahan.

“Inilah untuk pertama kalinya saya mendapati Kunjungan Dapil di kantor kami. Lokasi kantor ini memang di Dapil Bapak Haidar, sehingga relevan dengan kegiatan hari ini, dimana warga dapat melihat langsung aktivitas kami, serta koleksi arsip yang tersimpan,” kata Patarai dengan rasa bangga.

Usai penerimaan di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan singkat tentang peran dan fungsi arsip. Setelah itu, warga diberi kesempatan melihat langsung bagaimana arsip-arsip dikelola dan ditangani.

“Kami memiliki banyak koleksi arsip tua, yang penanganannya harus hati-hati. Bahkan, petugas yang menangani harus memakai perlengkapan khusus, seperti baju hazmat dan kaos tangan, untuk menghindari efek toksik dari bahan-bahan berusia sangat tua,” kata Patarai.

Dalam kunjungan ke ruang pengelolaan dan penyimpanan, warga mengaku sangat takjub dengan keberadaan sarana dan koleksi yang ada. Banyak warga yang mengatakan baru pertama kali ini mereka berkesempatan datang ke Gedung Arsip.

“Padahal kantor ini berlokasi di sekitar kami. Setiap hari kami lewat depan kantor ini, tapi tidak tahu apa-apa tentang aktivitas disini. Kunjungan ini merupakan suatu hal yang membanggakan bagi kami,” kata salah seorang tokoh masyarakat yang hadir.

Kegiatan Kunjungan Dapil oleh Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Haidar Madjid, diikuti sebanyak lebih 60 warga yang hadir mengaku sangat puas dengan kunjungan ini.(mah)