Gandeng Universitas dari Kanada, Fakultas Teknik Unismuh Bahas Manajemen Sampah

  • Whatsapp
Gandeng Universitas dari Kanada, Fakultas Teknik Unismuh Bahas Manajemen Sampah

MAKASSAR, UPEKS – Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Makassar menggandeng Memorial University of Newfoundland Canada dalam kegiatan MORNING-CLASS (Morning Collaboration & Sharing Session).

Webinar bertema “Waste Management and Environment” ini digelar secara daring melalui aplikasi zoom, baru-baru ini

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber dari kedua kampus. Memorial University of Newfoundland, Canada menghadirkan Prof Cyr Couturier, dengan materi “Sustainable Development Goals: Waste Management is Our Shared Responsibility”.

Narasumber dari Unismuh Makassar yaitu Dr Ir Muhammad Syarif ST MT MM MH IPM. Ia membawakan materi dengan judul “Cement from Organic Waste”.

Dalam kesempatan ini,  Prof Cyr  mengatakan bahwa lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Kesadaran harus lahir, khususnya dari generasi muda.

“Saya hadir di sini untuk mendorong mahasiswa agar bisa melakukan yang terbaik. Saya ingin kaum muda merasakan bahwa mereka memiliki masa depan, dan berharap dapat memberikan kontribusi untuk masa depan yang lebih baik,” ungkap Prof Cyr dalam bahasa Inggris.

Dekan Fakultas Teknik Unismuh Dr Ir Nurnawaty ST MT IPM selaku Dekan Fakultas Teknik Unismuh Makassar menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. Ia berharap forum ini dapat menjadi platform pengembangan keilmuan keteknikan dan wadah untuk berbagi pengetahuan antara FT Unismuh dengan mitra kerjasama, baik dalam maupun luar negeri.

Webinar ini dihadiri ratusan peserta dari berbagai institusi, yang terdiri dari mahasiswa, dosen, praktisi dan profesional yang berasal kedua negara, Indonesia dan Canada.

Kegiatan ini diinisiasi Wakil Dekan I Unismuh Makassar Muhammad Syafaat S Kuba ST MT, dibantu oleh Lembaga Pengembangan Bahasa dan Kantor Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh Makassar, yang dipimpin Maharida SPd MPd.

Webinar ini merupakan salah satu dari rangkaian kerjasama yang dibangun oleh FT Unismuh dengan mitra luar negeri. Sebelumnya FT telah melaksanakan kegiatan webinar dengan UiTM Malaysia hingga seri ke 10 (KULTUM 10).

Hingga Desember 2021 ini, FT rencananya akan menggelar aktivitas kerjasama dengan Universitas Petronas Malaysia dalam bentuk kolaborasi penelitian. (Rasak).