Bupati Luwu Timur Buka Kegiatan Sekolah Literasi Inspiratif

  • Whatsapp
Bupati Luwu Timur Buka Kegiatan Sekolah Literasi Inspiratif

Lutim, Upeks.co.id–Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka kegiatan Sekolah Literasi Inspiratif : Serial Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar dengan tema “Menulis Peradaban Luwu Timur Melalui Pena Pelajar, Pemuda dan Masyarakat Menuju Luwu Timur Inspiring” yang ditandai dengan pemasangan ID Card kepada perwakilan peserta, Jumat (03/12/2021).

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 4 hari (2-5 Desember 2021) dipusatkan di Bukit Agro Tabarano, Desa Tabarano, Kecamatan Wasuponda, yang di selenggarakan oleh Rumah Literasi Batara Guru bekerjasama dengan PT. Vale Indonesia dan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Lutim, dengan menghadirkan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Luwu Timur, Yulius sebagai narasumber.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengatakan, budaya literasi di Luwu Timur ini memang sudah seharusnya berkembang. Pasalnya, kata Bupati, jika melihat sejarah, salah satu karya sastra terpanjang yang pernah ada di dunia mengalahkan kisah mahabarata yakni kisah I Lagaligo.

“Kepada para pemuda ini, marilah kita tingkatkan budaya membaca. Kalian semua adalah calon pemimpin di masa depan. Kalian semua adalah generasi pengganti nantinya,” tandasnya.

Pada kesempatan ini, Bupati juga mengajak seluruh peserta dan pengurus Rumah Literasi untuk bersama-sama dalam memutus mata rantai covid19 dengan memakai masker, menjaga jarak, dan vaksin.

Budiman juga mengungkapkan bahwa, tanggal 24 Desember nanti, PPKM level 4 akan diberlakukan di seluruh Indonesia dan akan di evaluasi setelah tanggal 2 Januari 2022. “Semoga tidak ada terjadi lonjakan covid19,” harapnya.

Untuk itu, ia mengajak Rumah Literasi Batara Guru menjadi bagian dalam mensosialisasikan vaksinasi dan menjadi garda terdepan dalam rangka memutus mata rantai covid19.

Terakhir, Bupati juga berpesan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan agar tanggal 2 Januari 2022, gedung perpustakaan baru sudah digunakan. “Gedung perpustakaan sudah selesai dibangun, saya minta di 2 Januari 2022 agar segera difungsikan, jadi tidak perlu menunggu waktu, asal sudah serah terima langsung pindah dan dipergunakan,” pesan harap Bupati.

Senior Manager Program PT. Vale Indonesia, Ardian Putra mengatakan, dimasa sekarang ini, para relawan yang tergabung dalam komunitas rumah literasi ini sudah dikatakan langka. Patut disyukuri karena para pemuda di Luwu Timur ini punya minat untuk mengembangkan budaya literasi.

“Komunitas Pemuda ini patut direspon dan diberikan ruang. Karena ini juga secara tidak langsung mendorong peningkatan sumber daya manusia Luwu Timur,” katanya.

Sementara Ketua Rumah Literasi Batara Guru, Anjar dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan salah bentuk dukungan teman-teman terkait perkembangan literasi di Kabupaten Luwu Timur.

“Insya Allah, setelah kegiatan ini, kami akan melaunching rumah literasi batara guru Kabupaten Luwu Timur. Semoga dengan hadirnya Rumah Literasi Batara Guru dapat mendongkrak dan memotivasi generasi-generasi muda yang ada di Kabupaten Luwu Timur,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, rumah literasi Batara Guru ini pertama kali di bentuk Juni 2021. Rumah Literasi ini pertama kali terbentuk karena keresahan kami akan kurangnya minat literasi di Luwu Timur. Nantinya rumah literasi ini akan menjadi wadah bagi para pemuda untuk berkarya dan menulis.

“Alhamdulilah, untuk kegiatan perdana rumah literasi, kami sudah dilakukan ekspedisi sawerigading dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada di pelosok untuk saling membagi pengalaman dan pengetahuan. Setidaknya kami tinggal tiga hari di tiap sekolah yang dikunjungi,” tandasnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur, Satri, Camat Wasuponda, Joni Patabi, Babinkamtibmas dan tamu undangan yang sempat hadir. (ikp/kominfo)