BPJS Kesehatan Ambon Evaluasi PIPP RS Demi Peningkatan Kualitas Pelayanan

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan Ambon Evaluasi PIPP RS Demi Peningkatan Kualitas Pelayanan

Bacaan Lainnya

 

Tiakur, upeks.co.id – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan koordinasi yang baik dengan rumah sakit dalam melayani peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Ambon melakukan monitoring dan evaluasi Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di rumah sakit, Senin (01/11). RSUD Tiakur menjadi rumah sakit yang dievaluasi dalam kesempatan tersebut.

“Kami melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi PIPP di RSUD Tiakur ini dalam rangka mendapatkan informasi atas kendala yang terjadi. Hal ini sekaligus menjadi masukan sehingga ke depannya bisa dilakukan perbaikan bahkan peningkatan pelayanan terhadap peserta JKN-KIS yang berobat di RSUD Tiakur. Selain itu, diadakannya evaluasi ini juga sebagai upaya bagi kita untuk meningkatkan koordinasi antara BPJS Kesehatan dengan rumah sakit,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, HS Rumondang Pakpahan.

Dalam kegiatan tersebut dipaparkan mengenai mekanisme pendaftaran bayi baru lahir, denda pelayanan, dan informasi terbaru yang berhubungan dengan pelayanan pengaduan peserta JKN-KIS.

“BPJS Kesehatan berupaya untuk melakukan pelayanan maksimal bagi peserta JKN-KIS. Dengan kehadiran petugas layanan pengaduan dan informasi di rumah sakit, harapannya jika peserta JKN-KIS menemui kesulitan atau ingin mendapatkan sejumlah informasi terkait proses pengobatannya, bisa segera ditangani. Misalnya mengenai pendaftaran bayi baru lahir maupun informasi mengenai denda, hak kelas perawatan, fasilitas kesehatan, dan lain sebagainya. Selain bertemu dengan petugas di rumah sakit sebenarnya peserta juga bisa memanfaatkan berbagai kanal pengaduan dan informasi, baik melalui BPJS Kesehatan Care Center 165 yang bisa diakses 24 jam atau aplikasi Mobile JKN,” papar Mondang.

Direktur RSUD Tiakur, Jimmy Sindahanis menyampaikan apresiasi atas diadakannya kegiatan evaluasi dan monitoring PIPP yang dilakukan BPJS Kesehatan sebagai upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan kesehatan terhadap peserta JKN-KIS di rumah sakit sekaligus menjalin koordinasi dengan BPJS Kesehatan.

“Adanya kegiatan monitoring dan evaluasi ini membuat kami bisa mengetahui pencapaian yang sudah didapatkan, informasi terbaru terkait pelayanan, dan hal yang perlu diperbaiki guna melakukan pelayanan terhadap peserta JKN-KIS. Kami berharap ke depannya koordinasi dan sinergi antara rumah sakit dan BPJS Kesehatan dapat ditingkatkan,” ujar Jimmy. (yr)