BPHTB Kolaka Lampaui Target

  • Whatsapp
BPHTB Kolaka Lampaui Target

KOLAKA,UPEKS.co.id— Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) H Nur Syamsul ditemui media ini di ruang kerjanya pada (20/12/21) dikonfirmasi terkait realisasi pajak daerah terealisasi tahun 2021.

Nur Syamsul mengungkapkan sejumlah pajak daerah sudah tereisasi sejak Januari sampai akhir November 2021, diantaranya Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dari target Rp 4 miliar terhitung November sudah masuk sebesar Rp 4,7 miliar lebih.

Bacaan Lainnya

“Jadi pemasukan pajak BPHTB sebesar Rp 4,7 miliar lebih, itu baru bulan November belum termasuk Desember 2021,” ungkap Syamsul.

Ia menjelaskan terjadinya peningkatan pendapatan dari sektor BPHTB salah satu faktor yang mempengaruhi karena berkembangnya para developer di Kolaka.

“Salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan pendapatan BPHTB karena bertumbuhnya para developer di Kolaka,” jelasnya.

Sementara pemasukan dari sektor Pajak Penerangan Jalan(PPJ) dari Januari sampai November 2021 sebesar Rp 14 miliar lebih dari perusahaan BUMN Antam Pomalaa Sultra. 

“Jadi yang membayar PPJ baru perusahaan Antam, sementata yang belum melakukan penyetoran sampai sekarang, seperti DJL, Vale Indonesia dan sejumlah perusahaan lainnya,” ujar Syamsul mantan Kepala BKAD Kolaka.

Selanjutnya kata Syamsul pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan(PBB) Perkotaan dan Perdesa(P2) dari target Rp 5 milir baru mencapai Rp 3,6 lebih terhiting Januari sampai November 2021.

“Jadi kalau pajak PBB-P2 ini itu target pokoknya sebenarnya Rp 4 miliar, tetapi ditargetkan bisa mencapai Rp 5 miliar, dan November 2021 baru mencapai Rp3, 6 miliar lebih,”ungkap Syamsul didampingi sejumlah Kepala Bidang(Kabid) Bapenda.(pil)