Berkat Kartu JKN-KIS, Operasi Pengangkatan Ginjal Berjalan Tuntas

  • Whatsapp
Berkat Kartu JKN-KIS, Operasi Pengangkatan Ginjal Berjalan Tuntas

 

Bacaan Lainnya

Makale,  upeks.co.id– Program JKN-KIS telah terbukti memberikan manfaat bagi mereka yang terdaftar sebagai peserta. Hal tersebut dibuktikan oleh Yohanis Tangdiabang (54), salah seorang petugas satuan pengamanan yang bertugas di salah satu bank di Kabupaten Tana Toraja. Yohanis berbagi pengalamannya pasca mengalami operasi pengangkatan ginjal beberapa bulan yang lalu menggunakan kartu JKN-KIS.

“Sekitar empat tahun lalu saya seringkali merasakan sakit di area pinggang sebelah kanan dan kiri. Kemudian saya di-rontgen di Lakipadada dan ternyata ditemukan batu berukuran kecil di kedua ginjal  saya. Saat itu saya dianjurkan untuk melakukan operasi namun karena banyak pertimbangan, salah satunya adalah saya seringkali melakukan pekerjaan berat seperti menggarap sawah, kemungkinan jika saya operasi maka pergerakan saya untuk melakukan pekerjaan berat tersebut akan terbatas. Hal itulah yang menjadi pemikiran saya sehingga menunda operasi tersebut namun tetap mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter,” ujarnya, Kamis (02/12).

Ia mengungkapkan bahwa sekitar bulan April lalu sepulangnya dari perjalanan dinas luar kota, ia kembali merasakan gejala hebat di pinggangnya dan mengharuskannya untuk ke UGD Rumah Sakit Stella Maris.

“Pada saat itu saya masih berada di atas pesawat. Saya ingat betul tubuh saya gemetar dan bahkan sudah tidak kuat lagi untuk berdiri. Singkat cerita keesokan harinya oleh anak saya saya dilarikan ke UGD RS Stella Maris dan dianjurkan untuk segera melakukan operasi karena kondisi ginjal yang telah membengkak,” lanjutnya.

Pasca operasi selama sebulan ia diberikan waktu untuk cuti berobat selama sebulan hingga akhirnya bisa masuk kerja lagi. Ia sangat bersyukur semua biaya pengobatannya ditanggung oleh BPJS Kesehatan melalui Program JKN-KIS.

“Walaupun kehilangan satu ginjal saya dan harus mengurangi intensitas pekerjaan saya, saya tetap bersyukur masih diberikan kesehatan hingga saat ini dan semuanya tindakan medis yang saya alami dari operasi hingga saat ini masih rutin kontrol semua ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Pengalaman saya menyadarkan saya betapa pentingnya menjaga kesehatan dan pentingnya mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS. Manfaat besar sudah saya rasakan sehingga saya tidak pernah ragu untuk mengingatkan bagi yang belum menjadi peserta untuk segera mendaftarkan dirinya sebagai peserta agar bisa mendapatkan manfaat serupa,” tuturnya.