Bakti Sosial, Peringati Hari Disabilitas Internasional

  • Whatsapp
Bakti Sosial, Peringati Hari Disabilitas Internasional

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional 2021, LADOKGI TNI AL Yos Sudarso, Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) Cabang Sulselbar dan Persatuan Dokter Spesialis Rehab Medik (PERDOSRI) Cabang Sulawesi Papua menggelar bakti sosial, di Ladogki TNI AL Yos Sudarso, Jl Satando 25, Sabtu, 4 Desember 2021.

Kegiatan ini untu memberikan edukasi tentang kesehatan gigi anak sejak dini penting bagi kesehatan komprehensif dan menyeluruh bagi kesehatan tubuh, dan menjadi hak bagi semua anak termasuk anak dengan Down syndrom. Termasuk edukasi mengenai postur tubuh dan tumbuh kembang anak perlu untuk di ketahui tahapan perkembangannya.

Bacaan Lainnya

Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGSI) cab Sulselbar,Prof Dr.drg Muh Harun Ahmad,M.Kes,Sp.KGA(K),KKA menjelaskan Mulut sebagai entry point’ bagi makanan yang masuk dalam rongga mulut akan terserap dengan baik zat gizinya jika kondisi gigi dan rongga mulut dalam kondisi prima, akan menentukan tahap tumbuh kembang anak dan tahapan tumbuh kembang anak down syndrom perlu diketahui dan di kawal setiap perkembangannya sehingga kualitas hidup juga tercapai.

” Tahap tumbuh kembang anak dan tahapan tumbuh kembang anak down syndrom sangat ditentukan oleh Jika kondisi gigi dan rongga, karena Mulut sebagai entry point’ bagi makanan yang masuk dalam rongga mulut dan itu perlu dikawal untuk perkembangannya,”ungkap Prof Muh.Harun.

Komandan Lantamal VI yang diwakili oleh Wadan Lantamal VI, kolonel Marinir Marsono,S.AP dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan dirasakan oleh para orangtua anak down syndrom dengan adanya sinergitas Bakti sosial yang didukung oleh Lantamal VI Makassar sebagai bagian dari TNI AL dan sebagai bentuk implementasi kepedulian sosial terhadap kesehatan masa pandemi. Disamping tugas pokok dari TNI AL yaitu menjaga keamanan laut NKRI,TNI AL juga berkolaborasi dengan unsur elemen negara untuk bersama2 berkontribusi membangun negara khususnya dalam bidang kesehatan dan kegiatan ini juga untuk menyambut hari Armada RI 2021 yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2021.

“Baksos yang didukung Lantamal VI Makassar ini bagian dari TN AL yang merupakan bentuk impelementasi kepedulian sosial terhadap kesehatan di masa pandemi. Selain itu kegiatan ini juga untuk menyambut hari Armada RI 2021 yang jatuh pada 5 Desember 2021, “ tutur Kol Marinir Marsono.

Bakso kali ini diikuti 100 dokter gigi, 57 anak Down Syndrom dan 15 dokter Rehab Medik, dengan jenis kegiatan seperti Pemeriksaan gigi anak Down syndrom, Pemberian aplikasi fluoider secara topikal pada permukaan gigi dan Skrining tumbuh kembang.

Kegiatan ini turut dihadiri ketua Tim penggerak PKK Prop Sulsel yang diwakili Ketua Pokja IV PKK Propinsi Sulsel, Komandan Lantamal VI di wakili oleh Wadan Lantamal VI, kolonel Marinir Marsono,S.AP, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sulsel, dr.Arman Bausal.,Sp.B.,Sp.OT(K),Spine, Kepala Dinas Kesehatan kota Makassar yang di wakili, Kepala dinas Sosial Propinsi Sulsel, Kepala Ladokgi TNI AL Yos Sudarso,Letkol Laut drg I Wayan Tapa Yasa,Sp.KGA, Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGSI) cab Sulselbar,Prof Dr.drg Muh Harun Ahmad,M.Kes,Sp.KGA(K),KKA, Ketua Persatuan Dokter Spesialis Rehab Medik ((PERDOSRI) cab Sulawesi Papua, dr.Rumaisah Hasan,Sp.KFR(K), dan Ketua Komunitas Anak Down Syndrom, Ibu Rahmatullah. (rls)