Baksos MD KAHMI, Operasi 9 Pasien Bibir Sumbing

  • Whatsapp
Baksos MD KAHMI, Operasi 9 Pasien Bibir Sumbing

PANGKEP, UPEKS.co.id– Baksos MD KAHMI, telah dilakukan. Sebanyak sembilan pasien menjalani operasi bibir sumbing.

Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unhas drg. A.Tajrin, M.Kes, SpBM (K), mewakili tim operasi bibir sumbing ini menyampaikan,

Bacaan Lainnya

Baksos ini kerja sama Pemkab Pangkep, Yayasan Celebes Club Center, persatuan ahli bedah mulut cabang Sulsel, FKG dan KAHMI.

Operasi bibir sumbing ini, rangkaian dari baksos di pulau Sabutung yang diperakarsai oleh MD KAHMI Pangkep dan MD KAHMI Makassar.

Lanjutnya, dari awal ada 12 pasien yang mendaftar. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan hanya sembilan yang bisa untuk operasi.

“Memang, untuk operasi bibir sumbing ini kita harus lakukan screening yang betul-betul aman untuk pasien,”ucapnya.

Ia menyampaikan, operasi ini berjalan lancar berkat dukungan oleh pemkab Pangkep, MD KAHMI, RS Batara Siang, PT Semen Tonasa.

“Ini yang harus dicontoh oleh daerah lain, sehingga kolaborasi untuk bermanfaat kepada masyarakat bisa terjadi,”tambahnya.

Dalam operasi ini, melibatkan enam orang spesialis bedah mulut, dua orang spesialis anatesi dari Makassar dan RSBS, penata anastesi dari Makassar dan RS serta tim medis RSBS.

Direktur RSBS, dr Annas Ahmad mengatakan, dalam giat operasi ini RSBS bukan hanya mendukung dalam segi sarana dan prasarana, akan tetapi dokter dan tenaga medis juga terlibat langsung.

“Jadi, dalam operasi bibir sumbing ini kita berkolaborasi. Alhamdulillah berjalan sukses. Kita upayakan akan melaksanakan operasi tahap dua untuk mengakomodir mereka yang belum dioperasi,”katanya.(sah)