400 Siswa Ikuti Latihan Gabungan PMI Maros

  • Whatsapp
400 Siswa Ikuti Latihan Gabungan PMI Maros

MAROS,UPEKS.co.id— Sebanyak 400 peserta mengikuti latihan gabungan (Latgab) yang digelar oleh Palang Merah Indonesi (PMI) Maros. Latgab ini dilaksanakan selama tiga hari, Jumat hingga Minggu, (17-19/12/2021) dan dipusatkan di Lapangan Pucak Kecamatan Tompobulu.

Ketua Harian PMI Maros, Suryadi Ningrat mengatakan latihan gabungan ini baru dilaksanakan kembali usai pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Ini yang pertama setelah dua tahun pandemi Covid-19. Latgab ini adalah persiapan lomba yang akan dilaksanakan tahun depan,” katanya. Dia mengatakan peserta sangat antusias mengikuti latgab ini apalagi setelah dua tahun vakum kegiatan ini kembali digelar.

“Antusias peserta sangat luar biasa. Terdapat  17 sekolah yang ikut, 10 tingkatan SMA dan 7 SMP. Awalnya kami hanya menargetkan 14 sekolah tapi kemudian banyak yang daftar dan mencapai 17 sekolah, ” ucapnya.

Dalam latgab ini, peserta akan diberikan berbagai materi kepalangmerahan untuk memperkuat dasar pengetahuan anggota.

“Anggota akan diberikan berbagai materi kepalangmerahan, seperti gerakan PMI, kebencanaan, donor darah, pertolongan pertama dan masih banyak lagi,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Maros yang juga Ketua PMI Maros, Chaidir Syam mengatakan, latgab ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota.

“Kita sangat senang dengan adanya latgab ini, seperti yang kita tahu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota dan juga sebagai ajang silaturahmi antar sesama anggota PMI Sekabupaten Maros,” tuturnya.

Untuk menghindari penularan covid-19 dalam kegiatan ini, kata Chaidir, peserta diwajibkan untuk menunjukkan hasil rapid antigen.

“Dalam kegiatan ini kami telah menghimbau kepada seluruh yang hadir, agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, peserta juga diwajibkan menunjukkam hasil rapid antigen sebelum mengikuti kegiatan,” tambahnya.

Ia pun berharap, latgab ini mampu melahirkan generasi yang bertanggungjawab pada masa depan dan memiliki rasa nasionalisme serta kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Sehingga dapat menjaga sekaligus menciptakan bangsa ini menjadi bangsa kokoh dan maju. (***)