2021, Polres Pelabuhan Tangkap Ratusan Penyalahguna Narkotika

  • Whatsapp
2021, Polres Pelabuhan Tangkap Ratusan Penyalahguna Narkotika

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Makassar, mengungkap ratusan penyalahguna narkotika berbagai jenis selama periode Januari hingga Desember 2021.

Berdasarkan data yang diperoleh, sedikitnya 178 tersangka penyalahguna narkotika berhasil ditangkap. Diantaranya 163 laki-laki dan 15 perempuan. Tersangka tersebut diungkap dari 114 kasus.

Bacaan Lainnya

“Sementara barang bukti sabu sebanyak 280 Gram, Ganja 469 Gram, Pil Ekstasi 0,5 Gram, Sintetis 0,6 Gram dan Daftar G 191 Gram,” kata Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Muh Kadarislam saat rilis akhir tahun, Kamis (30/12/21).

Kadarislam mengatakan, terkait pengungkapan peredaran narkotika itu sepanjang tahun 2021 mengalami kenaikan sekitar 1 persen. Dibanding jumlah kasus pada tahun 2020.

“Kami tahun ini, bandar narkoba belum ada yang diamankan. Namun dari sekian persen yang diamankan itu, rata-rata pengedar dan sisanya pengguna, ” katanya.

Selain itu lanjut Kadarislam, ada juga beberapa kasus keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Seperti tawuran antar kelompok warga. Itu terjadi beberapa kali dan mengamankan beberapa pelaku.

“Selain pelaku, kita juga amankan beberapa barang bukti. Seperti busur, senjata rakitan, tombak da  senjata tajam lainnnya,” lanjut mantan Kapolres Bone ini.

Kadarislam menyebut, untuk mengatasi perang kelompok tersebut, Polres Pelabuhan Makassar telah membuat pos polisi dan personel standby 24 jam. Polres Pelabuhan juga melakukan tindakan persuasive dengan meningkatkan binluh.

Polres Pelabuhan juga sebut Kadarislam, telah melaksanakan tindakan preventif dengan menggelar cipta kondisi di wilayah Barukang dan Cambayya guna memberikan rasa aman kepada masyarakat yang berada di Kecamatan Ujung Tanah Makassar.

“2021, tawuran di wilayah Polres Pelabuhan memang kerap terjadi tawuran. Namun berkat kerjasama dengan tokoh masyarakat dan agama, sehingga bisa diredam. Kemudian distandby kan anggota di lapangan dibantu dengan TNI,” sebutnya. (Jay)