Wabup Saiful Arif Serahkan Santunan Kepada Para Janda Keluarga Veteran 

  • Whatsapp
Wabup Saiful Arif Serahkan Santunan Kepada Para Janda Keluarga Veteran 

Selayar, Upeks.co.id- Sebagai rangkaian memperingati Hari Jadi ke-416 Selayar, Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H., menyerahkan santunan kepada para janda keluarga veteran, di Rumah Dinas Wakil Bupati, Selasa (23/11/2021).

Data yang dihimpun dari Bagian Kesra Setda Kepulauan Selayar, terdapat 11 keluarga veteran tercatat sebagai penerima santunan berupa uang tunai yang diterima per triwulan.

Bacaan Lainnya

Sedangkan Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif yang dikonfirmasi di ruang kerjanya menyebutkan bahwa santunan itu adalah salah satu bentuk perhatian dan tanda terima kasih kepada para pejuang dan keluarganya, yang karena kerelaan mereka berkorban, tenaga pikiran, waktu, darah, air mata, bahkan nyawa sampai kita menikmati kemerdekaan ini.

Dikemukakan, santunan yang awalnya adalah bantuan, pernah disoal oleh pihak pemeriksa BPK supaya bantuan ini dihentikan.

“Untungnya konsep itu saya diminta untuk menanggapi. kenapa bantuan itu mau dihentikan. Lalu pihak BPK menjawab karena karena ada salah satu pasal bahwa bantuan itu tidak boleh terus menerus, sedangkan veteran dan keluarganya diberikan bantuan setiap tahun sehingga melanggar aturan,” ucap Saiful Arif menirukan penjelasan BPK.

Namun demikian lanjut Saiful Arif kemudian didiskusikan hingga  apapun istilahnya, apapun namanya supaya bantuan itu jangan dihapuskan. Dari situlah katanya, lahirlah istilahnya diganti dari bantuan menjadi santunan.

Namun pembagiannya bukan agi setiap bulan tetapi jumlahnya tetap sama bahkan meningkat yang diterimakan paling tidak triwulanan dan dikaitkan dengan hari-hari besar agama, hari-hari besar nasional, hari-hari besar daerah.

“Santunan Ini kita bagikan dalam rangkaian Hari Jadi ke-416 Selayar,” jelas Saiful Arif.

“Tidak bisa dipungkiri, kita bisa seperti sekarang ini sebagai generasi penikmat kemerdekaan, itu karena jasa orang-orang dari keluarga veteran ini,” tutup Wakil Bupati. (Sya)