Utamakan Pelayanan Berkualitas di Faskes, BPJS Kesehatan Baubau Lakukan Rekredensialing FKTP

  • Whatsapp
Utamakan Pelayanan Berkualitas di Faskes, BPJS Kesehatan Baubau Lakukan Rekredensialing FKTP

Bacaan Lainnya

 

Baubau, Upeks.co.id – Sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pelayanan dan persyaratan perpanjangan kerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan Cabang Baubau melaksanakan kegiatan rekredensialing di Puskesmas Wajo Kota Baubau, Kamis (28/10).

Pelaksanaan rekredensialing dilakukan 3 (tiga) bulan sebelum masa kerjasama berakhir, dengan tujuan untuk menilai kembali komitmen pelayanan dan kebutuhan tenaga medis yang tersedia serta memastikan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh FKTP sesuai dengan standar operasional pelayanan.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Amrin Pawiruddin menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan menggunakan kriteria teknis yang meliputi tenaga medis dan administrasi, kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan dan komitmen dari faskes untuk melengkapi sampai dengan akhir tahun ini. Pihaknya juga melibatkan Dinas Kesehatan Kota Baubau dalam proses tersebut sehingga BPJS Kesehatan tidak jalan sendiri.

“Sebagai persyaratan untuk melanjutkan kerjasama dengan BPJS Kesehatan, Puskesmas dan klinik harus memenuhi persyaratan administrasi meliputi: Nomor Pokok Wajib Pajak, surat Ijin Operasional, Surat Ijin Praktik (SIP) bagi dokter/ dokter gigi, Surat Ijin Praktik Apoteker (SIPA), dan Surat Ijin Praktik/Surat Ijin Kerja (SIP/SIK) bagi tenaga kesehatan lain, Perjanjian Kerja Sama dengan jejaring, serta surat penyataan kesediaan mematuhi ketentuan yang terkait Program JKN-KIS bagi seluruh FKTP,” jelas Amrin

Kepala Tata Usaha Puskesmas Wajo, Hariyati mengungkapkan bahwa kegiatan rekredensialing yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Baubau sangat baik. Seluruh unsur yang diperlukan dalam pemberian layanan akan dievaluasi sehingga pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS berkualitas.

“Kegiatan rekredensialing ini sangat baik karena kami merasa selalu terkontrol dan selalu dipantau apa saja kegiatan kami di Puskesmas apakah sudah sesuai standar pelayanan atau belum. Hal ini tentunya untuk menjaga kualitas pelayanan kepada peserta JKN-KIS agar selalu baik,” ungkap harliyati.

Di kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Baubau, Efendi turut mengikuti kegiatan rekredensialing guna mendampingi dan mengevaluasi terhadap layanan di Puskesmas.

“Setiap kegiatan rekredensialing kami selalu dilibatkan oleh BPJS Kesehatan sehingga kami akan langsung menindaklanjuti hasil evaluasi apabila menemukan kekurangan di lapangan tentang prosedur pelayanan, kami juga memiliki tujuan yang sama yaitu memastikan Faskes di Kota Baubau ini telah memenuhi standar pelayanan,” terang Efendi.

Hingga saat ini, BPJS Kesehatan Cabang Baubau telah bekerja sama dengan 172 FKTP yang tersebar di 8 kabupaten/kota. Jumlah tersebut terdiri atas 129 Puskesmas, 3 klinik pratama, 27 Dokter Praktik Perorangan (DPP), 6 klinik TNI-POLRI, 2 klinik TNI dan 6 praktik gigi perorangan. (mf/se)