UPA Gelar Assesment Kompetensi Bagi Calon Asesor

  • Whatsapp
UPA Gelar Assesment Kompetensi Bagi Calon Asesor

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Universitas Patria Artha (UPA) gelar Assesment Kompetensi bagi calon Asesor, di Kampus jalan Tun Abdu Razak, Gowa, Rabu (17/11/2021).

Sebanyak 24 dosen dan praktisi calon asesor mengikuti assesment kompetensi selama dua hari, 15-16 November di Universitas Patria Artha (UPA).

Bacaan Lainnya

Asesmen diikuti sebagai syarat untuk kembali memperoleh sertifikasi asesor pada bidang keahlian masing-masing.

Koordinator Master Asesor, Dr. Siti Saenab dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menjelaskan, kegiatan ini adalah upgrading kompetensi bagi asesor yang kembali ingin memperoleh sertifikat.

“Sertifikasi asesor itu harus diperbaharui dalam kurun waktu tiga tahun. Setelah lewat tiga tahun, para asesor kembali mengikuti upgrading untuk memastikan apakah para asesor masih kompeten atau tidak,” ungkapnya.

Dia mengatakan, dari hasil kegiatan selama dua hari ini, pihaknya nanti akan memberi rekomendasi apakah peserta dinyatakan kompeten, diterima atau ditolak.

“Indikatornya dinyatakan kompeten, ada dua syarat yang harus dipenuhi yakni selama tiga tahun mereka masih menjalankan tugas sebagai asesor, dan kedua harus lolos proses assesment seperti yang kita selenggarakan saat ini,” tambahnya.

Master Asesor Ahmada Daud STP, MSi menambahkan pihaknya ditugaskan melakukan asesmen calon asesor dengan hasil apakah yang bersangkutan kompeten atau tidak kompeten.

“Hasilnya dikirim ke Jakarta kemudian diplenokan oleh BNSP, apakah rekomendasi kami diterima atau tidak. Jika diterima, maka peserta berhak mengantongi sertifikat asesor kompetensinya selama tiga tahun ke depan,” ungkapnya.

Dia menambahkan ada beberapa yang harus dipenuhi untuk memperoleh sertifikat asesor. Diantaranya mengikuti proses asesmen, punya sertifikat teknis memiliki rekomendasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), pernah menguji minimal enam kali, serta memenuhi persyaratan dokumen yang diprasyaratkan.

Direktur LSP Universitas Patria Artha dan Manajemen Keuangan, Indri Setiani menjelaskan peserta yang ikut asesmen
kali ini merupakan dosen dan praktisi asesmen dari LSP P3 Manajemen Keuangan dan LSP P1 Universitas Patria Artha.

Indri mengatakan, untuk dosen-dosen di UPA, mereka harus bersertifikasi asesor sebagai prasyarat jika ingin menguji mahasiswa yang ingin mengantongi sertifikat keahlian.

“Rata-rata lulusan UPA tidak sekadar mengantongi ijazah saja. Mereka juga dibekali keahlian sesuai disiplin ilmu masing-masing. Nah sebagai legal standingnya, UPA juga memfasilitasi proses agar mereka punya sertifikat profesi. Para asesor inilah nanti yang akan menguji mahasiswa tersebut,” pungkasnya. (Rasak).

Pos terkait