UHC, Kado Terindah untuk Masyarakat Konawe Kepulauan

  • Whatsapp
UHC, Kado Terindah untuk Masyarakat Konawe Kepulauan

Kendari, Upeks.co.id – Kabar baik saat ini datang dari Kabupaten Konawe Kepulauan yang berhasil mencapai Universal Health Coverage (UHC). Pada Rabu (29/09) dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait UHC antara BPJS Kesehatan Cabang Kendari dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan. Dengan ini, maka pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan kini telah menjamin kesehatan seluruh penduduknya melalui Program JKN-KIS.

Capaian UHC ini tidak terlepas dari dukungan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berperan aktif melakukan pendataan kepada masyarakat hingga wilayah terpencil. Dengan capaian UHC ini maka pendaftaran bagi masyarakat melalui pemerintah Konawe Kepulauan dapat langsung aktif saat itu juga tanpa harus menunggu bulan berikutnya.

Bacaan Lainnya

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Ivan Ravian dalam pemaparannya menyampaikan sampai dengan September 2021 sebanyak 39.464 jiwa masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Konawe Kepulauan sudah terdaftar dalam Program JKN-KIS.

“Jenis kepesertaan terbanyak didaftarkan melalui tanggungan pemerintah yaitu Penerima Bantuan Iuran (PBI) pada segmen PBI APBN 23.482 jiwa dan PBI APBD 11.046 jiwa sedangkan dari segmen kepesertaan yang lain Pekerja Penerima Upah (PPU) 4.148 jiwa, Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) 542 jiwa dan Bukan Pekerja (BP) 246 jiwa,” ucap Ivan.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan plakat penghargaan oleh BPJS Kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan sebagai apresiasi dalam hal turut serta menyukseskan implementasi Program JKN-KIS.

Wakil Bupati Konawe Kepulauan, Andi Muhammad Lutfi yang hadir dan menerima pelakat tersebut menyampaikan rasa apresiasi kepada jajarannya dan terkhusus kepada BPJS Kesehatan sehingga UHC di Kabupaten Konawe Kepulauan bisa tercapai.

“Semoga dengan capaian UHC masyarakat bisa merasakan manfaat jaminan kesehatan tanpa terkecuali sehingga bisa merasakan kehadiran pemerintah saat sedang sakit. Ke depannya semoga kerjasama dengan BPJS Kesehatan bisa terus berkelanjutan dan masyarakat juga mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik,” ujar Lutfi. (jamkesnews)

 

Pos terkait