TNI-Polri Bersama SAR Gabungan Apel Kesiapsiagaan Bencana

  • Whatsapp
TNI-Polri Bersama SAR Gabungan Apel Kesiapsiagaan Bencana

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Ribuan TNI-Polri dan unsur SAR lainnya, apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam dan pengecekan peralatan SAR di Lapangan Karebosi, Makassar, Kamis (11/11/2021).

Bertindak selaku Komandan Apel gelar pasukan tersebut yakni Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Kadarislam Kasim dan bertindak selaku Pimpinan Apel yakni Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Bacaan Lainnya

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan apresiasi kepada Polda Sulsel yang melakukan gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam dan pengecekan peralatan SAR ini.

Andi Sudirman menerangkan, menanggulangi bencana alam memang perlu ada kerjasama dengan baik. Perlu dilakukan konsolidasi agar pelaksanaan penanggulangan bencana alam maupun non alam.

“Saat ini pemerintah TNI-Polri dan SAR gabungan lainnya sudah siap menghadapi adanya bencana alam. Baik dari segala pasukan maupun peralatan, ” kata Andi Sudirman.

Tentu juga dari polda telah mengarahkan Brimob dan BPPD SAR, paling tidak ini sebagai suatu ikhtiar dan usaha untuk kesiapsiagaan, karena perencanaan yang baik adalah persiapan jauh lebih baik.

“Dan bisa memetakan ketika terjadi persoalan kebencanaan, kita sudah cek alat-alat semua. Ini bagus juga karena ini regular dan dipastikan terawat. Tentu kita berharap tidak terjadi kebencanaan, paling tidak kita selalu siap dimana kondisi dibutuhkan, ” jelas Sudirman.

Apalagi saat ini lanjut Andi Sudirman, sekarang kondisi sesuai dengan prediksi BMKG adalah adanya Lanina dan tentu adanya prediksi tersebut perlu meningkatkan kewaspadaan.

“Kita menyampaikan kewaspadaan kepada masyarakat. Kami juga mohon pada masyarakat untuk disampaikan agar setiap orang cinta untuk menanam dan cinta untuk menghijaukan, ” lanjutnya.

Menurut Andi Sudirman, tentu harus belajar dari yang lalu ada langganan banjir seperti Kabupaten Wajo memang sering. Seperti sering juga terjadi longsor di wilayah Luwu Raya dan Palopo Masamba

“Tentu kita harus waspadai. Di wilayah selatan juga pernah terjadi di tahun 2020 lalu dan tentu kita perlu kewaspadaan, ” ucap Andi Sudirman.

Hadir dalam apel gelar pasukan itu, yakni Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Chuzaeni Patoppoi, Karo Ops Polda Sulsel, Kombes Adeni Muhan, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muh Anis, Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol Frans dan Forkopimda lainnya. (Jay)

 

Pos terkait