Tingkatan SDM UPZ, Baznas Enrekang Gelar Bimtek

  • Whatsapp
Tingkatan SDM UPZ, Baznas Enrekang Gelar Bimtek

ENREKANG, UPEKS.co.id — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Enrekang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi 70 orang Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dari 12 Kecamatan yang ada di Enrekang.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari Senin 8 hingga Selasa 9 November 2021 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Enrekang.

Bacaan Lainnya

Pimpinan Baznas Enrekang, Dr. Ilham Kadir mengatakan kegiatan ini bertujuan agar Pengurus UPZ Kecamatan hingga tingkat Desa memahami cara bagaimana teknik persuratan, penomoran dan simbol.

“Kegiatan ini dilakukan agar mereka para pengurus bisa meningkatkan SDM dan administrasi”. Kata Dosen Unimen ini.

Lanjut Ilham Kadis, selain itu UPZ memberikan pemahaman kepada Pengurus UPZ Kecamatan Enrekang terkait dengan teknik membuat pelaporan kegiatan dan pelaporan keuangan, membuat perencanaan dan UPZ memahami arah dan tujuan Baznas.

“UPZ harus tahu tujuan Baznas adalah bagaimana cara membuat perencanaan yang sesuai dengan kemampuan UPZ. Jangan melakukan kegiatan tanpa perencanaan dan jangan membuat perencanaan yang tidak mampu dilakukan,” kata Ilham Kadir.

Imam Masjid Nurut Tijarah Pasar Sentral Enrekang ini juga berharap agar UPZ dapat memahami arah dan tujuan Baznas yaitu menjadi Lembaga Utama dalam mensejahterakan Umat.

“Golnya kita 5 tahun ke depan adalah bagaimana masyarakat Enrekang bisa sejahtera dan bagaimana masyarakat bisa menyalurkan zakatnya melalui Baznas,” ujarnya

Ilham Kadir berharap masyarakat bisa bekerja sama dengan UPZ untuk menyalurkan zakatnya. Masyarakat tidak harus lagi bersusah payah ke Enrekang untuk membayar zakat.

“Cukup cari UPZ kecamatan atau di desa masing-masing. Begitu juga kalau ada pencatatan atau data Mustahik yang ingin disampaikan cukup cari UPZ di Kecamatan masing-masing saja dan tidak perlu lagi mengunjungi Baznas supaya masyarakat bisa terlayani di tingkat desa dan kecamatan”. tutupnya. (Sry)

 

Pos terkait