Rezky Tegaskan Pemuda Wajib Perkuat Wawasan Kebangsaan

  • Whatsapp
Rezky Tegaskan Pemuda Wajib Perkuat Wawasan Kebangsaan

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Anggota DPRD Sulsel, Rezki Mulfiati Lutfi melakukan sosialisasi peraturan daerah provinsi Sulawesi selatan nomor 3 tahun 2018 tentang pembangunan kepemudaan di jalan haji Kalla 2 Campagaya kelurahan Panaikang kecamatan Panakkukang yang di hadiri oleh Lurah Panaikang Andi Nurhaslinda.

Dalam sambutannya, Rezki mengatakan Pemuda harus memiliki berjuta ide dan gagasan berlian yang bisa dieksplorasi untuk membangun bangsa. Karena menurutnya cepat atau lambat Indonesia akan menerima dampak krisis global yang tidak mengenal batas wilayah pedesaan sebagai jaring pengaman kota atau merasakan dampak yang paling besar dari permasalahan global.

Bacaan Lainnya

“Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada generasi muda di Indonesia diantaranya menurunnya jiwa idealisme dam nasionalisme karena masa depan yang kurang pasti karena tidak seimbangnya jumlah generasi muda dan jumlah pendidik sehingga bebas meningkatnya kenakalan remaja,” katanya.

Oleh karena itu, pemuda harus beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar negara republik Indonesia tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pemuda berperan aktif dalam segala aspek pembangunan nasional sebagai kekuatan moral kontrol sosial agen perubahan dengan menumbuh kembangkan aspek etika dan moralitas dalam bertindak pada setiap dimensi kehidupan kepemudaan,” ungkapnya.

Selain itu, pemuda juga harus menjadi sebagai kontrol sosial dengan memperkuat wawasan kebangsaan serta membangkitkan kesadaran dan sikap kritis terhadap lingkungan dan penegakan hukum untuk meningkatkan partisipasi dalam perumusan kebijakan publik.

“Yang di maksud menjamin transparansi dan akuntabilitas publik memberikan kemudahan akses informasi yakni harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dan organisasi kepemudaan,” jelasnya.

Tambahnya, pemuda juga harus sebagai agen perubahan terhadap masyarakat melalui ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga seni dan budaya kepedulian terhadap lingkungan pendidikan kewirausahaan kepemimpinan dan pelaporan Pemuda.(mah)