Program JKN-KIS Sangat Berjasa bagi Hidup Rita

  • Whatsapp
Program JKN-KIS Sangat Berjasa bagi Hidup Rita

 

Makale, Upeks.co.id- Beberapa tahun belakangan merupakan tahun terberat bagi Rita Kuswanty (50). Dirinya harus menjalani sejumlah rangkaian operasi mulai dari saraf terjepit hingga pemasangan pen pada bagian lehernya.

Bacaan Lainnya

“Mulanya saya merasakan sakit yang teramat di bagian leher yang hingga menjalar ke bahu dan lengan. Penyebabnya adalah saraf terjepit. Beberapa kali melakukan penanganan dan fisioterapi namun tidak membaik hingga akhirnya diputuskan untuk melakukan operasi. Saat itu saya dirawat di salah satu rumah sakit di Makassar,” tuturnya saat ditemui di RS Fatima, Senin (25/10).

Selang beberapa waktu dirinya masih merasakan masalah pada lehernya. Setelah melakukan rangkaian pemeriksaan kembali didapati bahwa ada masalah pada tulang leher yang membuatnya mendapatkan penagnanan berupa pemasangan pen.

“Program JKN-KIS benar-benar berjasa di hidup saya, beberapa kali dirawat, beberapa kali dioperasi hingga pemasangan pen di leher semuanya ditanggung. Entah berapa biaya yang keluarkan jika menjadi pasien umum. Biaya operasi tidaklah sedikit. Apalagi saya yang bukan sekali saja harus dioperasi,” ujarnya.

Selain itu ia juga mengalami masalah lain seperti alergi obat dan secara rutin harus ganti perban. Semuanya dapat ditangani dengan baik dengan JKN-KIS.

“Kebetulan saya saat itu saya terdaftar sebagai peserta mandiri kelas I. Saya sama sekali tidak keberatan untuk membayar iuran tiap bulan karena iuran yang saya bayarkan dapat menjamin saya selama masa pengobatan sehingga tidak ada biaya saya keluarkan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Rita juga memuji pelayanan yang ia peroleh mulai dari sarana prasarana hingga pelayanan petugas medis. Bertahun-tahun dirinya dalam masa pemulihan hingga sekarang masih sering kontrol ia selalu merasakan kemudahan Program JKN-KIS. Karenanya Rita mengimbau kepada peserta JKN-KIS untuk melaksanakan kewajibannya dalam membayar iuran.

“Bayar iuran JKN-KIS, sehingga tidak terkendala saat kita akan menggunakan manfaatnya. Selain itu dengan kejadian yang saya alami, saya jadi memahami gotong-royong yang diusung oleh BPJS Kesehatan. Dengan rajin menjalankan kewajiban kita dapat merasakan hak sebagai peserta dan juga dapat menolong sesama peserta lainnya,” ucapnya.