Polisi Amankan Oknum ASN di Lingkup Pemkot Parepare

  • Whatsapp
Polisi Amankan Oknum ASN di Lingkup Pemkot Parepare
Penyidik Polsek Ujung saat mengintrogasi terduga pelaku. diinterogasi oleh

PAREPARE, UPEKS.co.id — Kepolisian Sektor (Polsek) Ujung melalui Tim Resmob dan personel jaga SPKT, mengamankan pelaku pencurian inisial EN (39, di Jalan Langsat, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare.

Terduga pelaku merupakan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN), yang bertugas sebagai staf di salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Bacukiki Barat. Berdasarkan LP/B/52/XI/TUK.7.1.3/2021/Polsek Ujung/Polres Parepare/Polda Sulsel, kejadian pada tanggal 13 November 2021, sekitar pukul 11.30 wita, di Jalan Mangga Tengah, Kecamatan Ujung Kota Parepare, Minggu (14/11/2021).

Bacaan Lainnya

Panit 1 Reskrim Polsek Ujung, Iptu Turisno, mengungkapkan, pelaku masuk ke dalam rumah korban melalui pintu depan dalam keadaan tidak terkunci, kemudian menggasak 1 karung beras 40 Kg, 6 tabung gas ukuran 3 Kg, dimana korban mengalami kerugian sebanyak Rp1,8 juta.

“Dari rekaman CCTV selanjutnya dilakukan penyelidikan, sehingga diketahui identitas dari terduga pelaku. Tim kemudian melakukan pencarian keberadaan terduga pelaku dan berhasil mendapatkan terduga yang pada saat berjalan kaki di Jalan Langsat, menuju ke rumahnya. Tim langsung mengamankan terduga pelaku tanpa perlawanan, selanjutnya terduga dibawa ke Mako Polsek Ujung untuk dilakukan interogasi,” ungkapnya.

Polisi Amankan Oknum ASN di Lingkup Pemkot Parepare
Barang bukti dan hasil rekaman CCTV.

Dari hasil interogasi, terduga pelaku kepada polisi mengakui, jika ia kerap beraksi sebanyak dua kali dalam sehari dengan cara awalnya masuk dengan membuka pintu yang tidak terkunci. Kemudian menggasak beras 40 Kg, 2 tabung gas 3 Kg. Terduga pelaku melancarkan aksinya itu menggunakan sepeda motor.

“Kemudian (di hari kedua) kembali lagi mengambil 4 buah tabung gas 3 kg dengan menggunakan sepeda motor Honda Beat warna merah jambu. Selanjutnya pelaku langsung menjual (hasil curian) ke beberapa pedagang eceran (warung) di wilayah Parepare. Setelah dilakukan interogasi tim selanjutnya melakukan pencarian barang dan alat bukti sesuai dengan keterangan pelaku. Setelah mengamankan barang bukti pelaku dan barang bukti selanjutnya dibawa kembali ke Mako Polsek Ujung dan diserahkan kepada penyidik yang menangani kasusnya,” terang Turisno.

Sementara, Lurah Kampung Baru, Sutrisno, saat dihubungi via WhatsApp membantah, jika terduga pelaku pada tahun 2020 lalu telah dipindahkan.
“Bukan mi staf Kelurahan Kampung Baru, sudah saya kasih pindah. Staf Kecamatan Bacukiki Barat dia sekarang, kemarin itu saya kasi kesempatan, tapi dia (terduga pelaku) tidak mau berubah terpaksa saya sikat (pindahkan),” tegasnya dengan dialek daerah.

Berdasarkan keterangan polisi, terduga pelaku merupakan residivis dalam kasus yang sama yakni pencurian pada tahun 2015, vonis (7 bulan penjara). Barang bukti yang berhasil diamankan pihak Polsek Ujung saat ini diantaranya, 2 buah tabung gas 3 Kg, 1 lembar jaket warna hitam, dan 1 lembar celana panjang warna abu-abu. Pihak Polsek Ujung sampai saat ini masih tengah mencari beberapa barang bukti dari hasil curian yang telah dijual terduga pelaku. (AU)

Pos terkait