Pemda Kolaka Benahi RTRW Persiapkan Pomalaa Kota Kedua

  • Whatsapp
Pemda Kolaka Benahi RTRW Persiapkan Pomalaa Kota Kedua

KOLAKA, UPEKS.co.id — Pemda Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana untuk menjadikan Pomalaa kota kedua setelah Kota Kolaka. Untuk mewujudkan hal itu maka Pemda Kolaka terlebih dahulu harus mempersiapkan terhadap Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Hal itu diungkapkan Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat(Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kolaka, H. Muh Bakri didampingi Kepala Bagian(Kabag) Pemerintahan Setda Kolaka Muh Jufri saat melakukan pertemuan dengan sejumlah masyarakat Kelurahan Dawi-Dawi Kecamatan Pomalaa berlangsung di ruang rapat SMS Berjaya Pemda Kolaka, Rabu (17/11/2021).

Bacaan Lainnya

Pertemuan juga dihadiri Kepala Dinas(Kadis) Perumahan Rakyat H Abbas Madenuang, para Kepala Bidang dari semua SKPD Pemda Kolaka, Camat Pomalaa dan warga Dawi-Dawi. Di hadapan warga Asisten I Setda Kolaka Bakri menjelaskan bahwa pembangunan di suatu negara, provinsi, maupun kabupaten/ kota yang dipikirkan lebih dulu adalah bagaimana penataan RTRW-nya serta aturan-aturan yang perlu dipatuhi.

“Untuk membangun rumah kios saja ada aturan yang perlu kita patuhi seperti halnya RTRW,” ungkap Bakri.

Lanjut Bakri untuk menjadikan Dawi-Dawi sebagai kota kedua dari Kolaka maka perlu memikirkan RTRWnya, untuk itulah masyarakat yang memiliki bangunan masuk dalam kawasan pasar Dawi-Dawi maka Pemda Kolaka berupaya untuk memindahkan ke belakang pasar.

“Sehingga di depan pasar itu tidak lagi masyarakat bermukim, maka Pemda memimikirkan untuk memindahkan ke belakang pasar, makanya kehadiran kita semua disini untuk menyampaikan hal itu,” ujarnya kepada warga.

“Jadi Pemerintah berupaya menjadikan Pomalaa sebagai kota kedua, maka dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan khususnya dalam melakukan penataan RTRW,” ujar Bakri mantan Camat Samaturu. (pil)

Pos terkait