Pelatihan Peningkatan SDM Kader PKK

  • Whatsapp
Pelatihan Peningkatan SDM Kader PKK

PANGKEP, UPEKS.co.id — Kelompok masyarakat (Pokmas) kelurahan Jagong menggelar pelatihan kader Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Pelatihan kader PKK dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pangkep, Nurlita Wulan Purnama, di aula kantor kelurahan Jagong, Senin(8/11/21).

Bacaan Lainnya

Ketua TP PKK Pangkep, Nurlita Wulan Purnama menyampaikan, pelatihan ini digelar guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) kader PKK.

Melalui pelatihan ini, kader PKK diberikan berbagai materi dengan tujuan utama menjadi kader PKK yang memiliki kompetensi dan wawasan luas.

“Pelatihannya lebih banyak materi tentang kiat-kiat menjadi kader yang baik. Terus dibekali juga dengan pengetahuan untuk menghadapi dan menyelesaikan persoalan di lapangan,” katanya.

Istri bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) itu juga berpesan kepada pengurus dan kader, agar kegiatan dan program PKK disinkronkan dengan visi misi pemerintah kabupaten Pangkep.

Sekretaris Pokja III TP PKK, Dahnia, sebagai salah satu pemateri menyampaikan, kegiatan ini merupakan pelatihan kader terhadap 10 program PKK.

Peserta terdiri dari empat Pokja, Pokja I, yakni penghayatan dan pengamalan Pancasila dan gotong royong. Pokja II, pendidikan, keterampilan dan perkoperasian. Pokja III, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga. Pokja IV, kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

Lanjutnya, dalam melahirkan program baru ada tiga jenis buku yang harus dipahami. Buku program, buku kegiatan dan buku data. Tiga buku ini, harus seimbang dalam pengisiannya.

Akan tetapi lanjutnya, kendala yang sering dihadapi kader PKK, terkadang program dan kegiatan tidak Include. Dikarenakan sering tidak mengacu kepada program yang seharusnya tertuang dalam kegiatan. Terkadang, kader tidak melakukan pendataan secara maksimal sehingga data yang muncul juga tidak maksimal.

“Melalui pelatihan ini diharapkan, kader sudah mengetahui apa perannya dan apa yang bisa dilakukan untuk menyukseskan kegiatan dan program PKK. Serta tercipta kader yang lebih hebat,” tutupnya. (Sah)

Pos terkait