Layanan Kas Keliling Gunakan KRI Pandrong-801 Bentuk  Dukungan TNI AL Pacu Roda Perekonomian di Kepulauan 

  • Whatsapp
Layanan Kas Keliling Gunakan KRI Pandrong-801 Bentuk  Dukungan TNI AL Pacu Roda Perekonomian di Kepulauan 

Makassar, Upeks.co.id — Bank Indonesia (BI) bersama TNI AL melalui Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI Makassar) menjalin kerjasama  layanan Kas Keliling mengerahkan salah satu kapal perang TNI AL  yakni KRI  Pandrong-801 untuk mengantar staf  BI ke pulau-pulau Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T) di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan bertempat di Dermaga Layang Mako Lantamal VI, Kamis (25/11/2021).

Keberangkatan layanan kas keliling BI dilepas langsung oleh Komandan Lantamal VI  (Danlantamal VI Makassar ) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP. , Kepala Kantor Perwakilan wilayah Bank Indonesia Sulsel Bapak Causa Iman Karana, Paban 2 Ops Sopsal Kolonel Laut (P) M. Reza dan Pejabat BI lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam layanan kas keliling tersebut, KRI  Pandrong-801 membantu secara optimal staf Bank Indonesia wilayah Sulsel dalam pendistribusian , pengamanan, dan pengawalan uang rupiah dari dan ke Bank Indonesia  menuju pulau-pulau di Sulsel  yaitu: Pulau Kapoposang, Pulau Gondongbali, Pulau Badi, Pulau Kayuadi, Pulau Jinato, dan Pulau Jampes.

Dalam sambutannya Danlantamal VI mengatakan program ini merupakan salah satu implementasi atas telah ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara TNI AL dengan Bank Indonesia, yaitu berkaitan dengan pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang rupiah dari dan ke BI atau perwakilan BI ke seluruh wilayah perbatasan terdepan dan terluar  serta terpencil di Wilayah NKRI.

Disamping tugas pokok TNI AL menjaga keamanan diwilayah laut Yuridiksi Nasional, TNI AL menjalin sinergi dengan seluruh elemen, untuk turut berkontribusi dalam mendukung roda perekonomian di seluruh peloyok negeri, terutama percepatan pertumbuhan dan pembangunan di wilayah NKRI.

Oleh karena itu, Lantamal VI Makassar sebagai bagian dari TNI AL, mendukung penuh upaya mewujudkan keberhasilan tugas mulia ini. Dengan menggunakan alutsista TNI AL KRI Pandrong-801, pelayaran ekspedisi kas keliling akan dilaksanakan, Semoga rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, lancar dan optimal ujar Danlantamal VI

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Marsono S.A.P., Para Asisten Danlantamal VI, Komandan KRI Pandrong -801, Para Kadis dan Kasatker Mako Lantamal VI serta para pejabat BI wilayah Sulsel lainnya.(rls)