Kadiskop UKM Sulsel Lepas Rombongan UMKM Sulsel Goes to Turkey

Kadiskop UKM Sulsel Lepas Rombongan UMKM Sulsel Goes to Turkey

MAKASSAR,UPEKS.co.id Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abd Malik Faisal  melepas rombongan UMKM Sulsel Goes to Turkey, di Kantor Diskop UKM Sulsel, Jl AP Pettarani, Makassar, Senin (22/11/2021).

Rombongan yang terdiri pelaku UKM Sulsel itu akan mengikuti ajang pameran “8th OIC Halal Expo 2021” yang dilaksanakan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul Congress Center (ICC), 25 hingga 28 November 2021.

Bacaan Lainnya

Selain itu, rombongan UMKM Sulsel juga akan memenuhi undangan dari Asosiasi Pengusaha Eksportir Kecil Menengah (KOBİAD) Provinsi Bursa-Turki, untuk melakukan business matching pada 29-30 November 2021.

Adapun UMKM yang ikut serta antara lain CV Coconut Internasional Indonesia, CV Chalodo Chocolate, UD Indo Emmeng, PT Haramayn Lintas Benua, CV Trio Pabeta Indonesia, CV Luhur Abadi, CV Mafindo, dan CV Aromata Anugrah Sultan.

“Beberapa produk UMKM Sulsel yang akan dipamerkan antara lain briket, kopi, teh nipah, kemiri, aneka herbal, coklat, lulur tradisional bugis dan lain-lain,” ungkap Malik Faisal. 

Malik Faisal pun berharap, expo dan ajang business matching ini akan menjadi awal bagi pengembangan usaha pelaku UMKM. Menurutnya, Turki saat ini sebagai tujuan ekspor juga dapat menjadi hub masuknya produk UMKM ke pasar kawasan Uni Eropa, Eropa Timur dan Tenggara khususnya Rusia, dan juga kawasan Asia Tengah serta Timur Tengah.

Rombongan UMKM Sulsel didampingi pula konsultan PLUT Sulsel, Bahrul Ulum Ilham dan Salman Sahmad yang juga koordinator rombongan UMKM Sulsel Goes to Turkey.

Salman menyampaikan apresiasinya atas dukungan luar biasa dari Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, yang mendorong UMKM Sulsel bisa menembus pasar internasional, meski tanpa menggunakan anggaran APBD. 

“Terima kasih pada pak Kadis Malik Faisal dan dukungan dari Bank Sulselbar, beberapa koperasi dan teman-teman media yang telah mendukung UMKM Sulsel bisa go global,” katanya.

“Semoga melalui expo dan business matching ini, produk Sulsel makin di kenal luas dan beberapa produk UMKM bisa melakukan kontrak bisnis,” pungkasnya. (eky)