JKN-KIS Buka Akses Pelayanan Kesehatan yang Adil dan Memadai

  • Whatsapp
JKN-KIS Buka Akses Pelayanan Kesehatan yang Adil dan Memadai

 

Makassar, Upeks.co.id – Roger Wibisono (17), seorang pelajar dari Kecamatan Ujung Pandang, membagikan pengalamannya sebagai peserta Program JKN–KIS dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas III. Saat ditemui oleh tim Jamkesnews, ia menunggu antrean pelayanan peserta di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Jumat (29/10).

Bacaan Lainnya

Pemuda ini mengakui telah menggunakan kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat di fasilitas kesehatan terdaftar karena mengalami batuk dan kurang enak badan selepas beraktivitas.

“Pulang sekolah saya merasa badan kurang sehat dan tenggorokan sakit, ternyata selang beberapa jam langsung timbul gejala batuk, jadi orang tua segera membawa ke klinik tersebut. Sampainya di klinik langsung ambil nomor antrean serahkan kartu dan tidak berapa lama saya dipanggil masuk ke ruangan pemeriksaan dokter. Usai diperiksa, dokter menjelaskan penyebabnya dan meresepkan obat,” terang Roger.

Roger merasakan besarnya manfaat telah menjadi peserta JKN-KIS. Dengan membayar iuran yang menurutnya sangat terjangkau, banyak kemudahan yang dirasakan ia dan keluarganya pada saat mengakses pelayanan kesehatan.

“Luar bisa sekali kartu JKN-KIS ini, cukup tunjukkan ke klinik sebelum menjalani pemeriksaan. Semuanya gratis tidak ada pembayaran sedikit pun, termasuk untuk obat,” tegasnya.

Menurut Roger, dirinya akan membagikan kisahnya ke teman-teman dan guru disekolahnya agar mereka dapat turut merasakan betapa beruntungnya menjadi peserta JKN-KIS, terlebih bagi yang kurang mampu. Kini seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan pelayanan berobat yang adil dan memadai.

“Saat ini di tengah pandemi, penyakit makin mudah menyerang dan merupakan hal yang sangat penting memiliki kartu JKN-KIS, mengingat biaya berobat bisa cukup tinggi. Dengan terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, kita semua mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan yang layak dan memadai,” kata Roger. (Ti)