Implementasi QRIS Sulsel Terbaik di Sulampua

  • Whatsapp
Implementasi QRIS Sulsel Terbaik di Sulampua

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) di Provinsi Sulawesi Selatan terus digenjot. Per 12 November 2021, Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel mencatat, ada sekitar 469.569merchant.

Demikian disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana, dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021, di Claro Hotel Makassar, Rabu (24/11/2021). PTBI yang dipusatkan di Jakarta, juga digelar serentak oleh Kantor Perwakilan Wilayah BI se- Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Sulsel menjadi provinsi dengan implementasi QRIS terbaik di Sulampua. Sejauh ini merchant QRIS di Sulsel telah melampaui target dan di dominasi UMKM yakni 82,13%,” ungkap Causa Iman Karana.

Menurutnya pencapaian tersebut, membuat Pemprov Sulsel menerima BI Awards 2021 dari Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. “Penghargaan ini diberikan atas terpilihnya Sulsel sebagai provinsi dengan Implementasi QRIS terbaik di Sulampua,”  jelasnya.

Untuk mendorong transaksi digital di Sulsel, sambung dia, pihaknya tengah mendorong pembentukan TP2DD, sehingga nantinya bisa meningkatkan pendapatan daerah lewat digitalisasi pembayaran seperti pajak.

Dalam kesempatan tersebut, Causa Iman Karana juga secara resmi meluncurkan website Forum Pinisi Sultan. Website tersebut isinya antara lain terkait informasi proyek investasi, komunitas unggulan dan profil kabupaten kota.

“Kegiatan tahunan ini juga kami rangkaikan dengan kegiatan Anging Mammiri Business Fair (AMBF). Kegiatan ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk peningkatan kapasitas dan memperluas pasar. Disini kami hadirkan agregator-agregator serta klinik dari bea cukai untuk UMKM yang akan melakukan ekspor,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Asisten III Pemprov Sulsel Tautoto TR yang mewakili Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Moh Nurdin Subandi, serta sejumlah bupati dan wali kota se-Sulsel. (eky)