BPJS Kesehatan Baubau Optimalkan Pemeriksaan Kepatuhan Badan Usaha

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan Baubau Optimalkan Pemeriksaan Kepatuhan Badan Usaha

 

Baubau, upeks.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Baubau melakukan kegiatan pemeriksaan lapangan terhadap Badan Usaha (BU) di wilayah Kota Baubau terkait kepatuhannya dalam regulasi Program JKN-KIS, Kamis (28/10). Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu memeriksa badan usaha yang belum memenuhi kewajibannya dalam membayar iuran dan mendaftarkan pekerjanya.

Sesuai regulasi yang berlaku, BPJS Kesehatan berwenang melakukan pengawasan dan pemeriksaan atas kepatuhan peserta dan pemberi kerja dalam memenuhi kewajibannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan jaminan sosial nasional.

“Sebagai upaya meningkatkan kepatuhan peserta Program JKN-KIS khusunya untuk BU, kami melaksanakan kewajiban melakukan pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan sekaligus mengingatkan BU untuk dapat memenuhi kewajibannya membayar iuran dan mendaftarkan pekerjanya,” ujar Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Muhammad Hanafi.

Hanafi juga menambahkan dalam proses pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan, BPJS Kesehatan Cabang Baubau telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Baubau dalam hal Surat Kuasa Khusus (SKK).

“Kami memberikan kesempatan kepada BU untuk melaksanakan kewajiban sesuai ketentuan yang berlaku, namun apabila BU belum juga patuh melaksanakan kewajiban maka sesuai ketentuan BPJS Kesehatan dapat mengajukan tindakan upaya non litigasi melalui SKK kepada Kejaksaan Negeri,” imbuh Hanafi.

Selain pemeriksaan kepatuhan, Kejaksaan Negeri juga turut memberikan dukungan dan menjalankan perannya sebagai JPN dalam penegakan kepatuhan BU dengan melakukan pemanggilan BU tidak patuh dan telah mendapatkan hasil yang positif dengan mematuhkan beberapa badan usaha menunggak.

Person In Charge salah satu perusahaan swasta di Kota Baubau, Suci Amalya Susanto menyampaikan bahwa kegiatan pemeriksaan kepatuhan ini juga disambut baik oleh pihak BU yang menjadi objek pemeriksaan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai pihak pemberi kerja, karena dengan pemeriksaan seperti ini kami menjadi ingat akan kewajiban kami, seperti membayar iuran. Kami juga langsung dapat berkonsultasi terkait kendala dalam proses pendaftaran pekerja kami,” ucap Suci.

Suci menambahkan, perusahaannya akan berkomitmen untuk selalu memenuhi kewajibannya melakukan pembayaran iuran dan mendaftakan karyawannya sesuai aturan yang ditetapkan. 

 (mf/se)