ACT Jangkau Pondok Prasejahtera Lakukan Pemberdayaan Secara Mandiri

  • Whatsapp
ACT Jangkau Pondok Prasejahtera Lakukan Pemberdayaan Secara Mandiri

GOWA, Upeks--Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) berikhtiar dalam memerangi krisis kelaparan yang marak terjadi di Indonesia terlebih bagi masyarakat pra sejahtera. Hal ini juga sering didapatkan di pondok pendidikan pelosok yaitu pesantren pra sejahtera.

Salah satu bentuk ikhtiarnya berupa bantuan berupa bibit pangan yang kembali disalurkan di Pondok Pesantren Markaz Tarbiyah Amal Jamaatul Muslimin, Kelurahan Cikoro, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Bacaan Lainnya

Pimpinan pondok, Ustadz Hamid mengatakan ini akan menjadi solusi pemenuhan pangan bagi kami di pondok yang selama ini hanya mengandalkan belas kasih dari orang lain. “Di pesantren kami anak-anak kadang hanya makan nasi dengan kerupuk, bantuan bibit pangan dari pemberdayaan ACT sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan pangan santri kedepannya,” jelas ustadz Hamid pimpinan pondok pesantren saat setelah menerima bantuan dari tim ACT, Selasa (23/11/2021).

Pemberdayaan ekonomi masyarakat pra sejahtera yang dilakukan secara mandiri akan menjadi solusi kesejahteraan bagi masyarakat itu sendiri, terlebih lagi untuk mendukung proses belajar generasi bangsa di pondok pesantren yang mengalami krisis pangan.

Aksi kali ini yang kami lakukan adalah pendampingan pemberdayaan pondok pesantren prasejahtera, bantuan di dalamnya berupa bibit pertanian sayur-sayuran yang akan ditanam di atas lahan seluas ½ Ha milik pondok. Tidak hanya itu, bantuan bibit ikan Nila akan juga dikelola oleh pesantren tersebut untuk pasokan pangan pesantren kedepannya.

“Kita perlu bantu mereka, asupan gizi generasi penerus bangsa harus terpenuhi dengan baik terlebih lagi adik-adik yang tergolong prasejahtera sedang melakukan pendidikan di pondok pesantren, salah satunya pondok yang ada di Gowa ini,” ungkap Firman Koordinator implementator ACT Sulsel. (*)

Pos terkait