16 SD di Kecamatan Barombong Ikut ANBK

  • Whatsapp
16 SD di Kecamatan Barombong Ikut ANBK

GOWA,UPEKS.co.id Sebanyak 16 Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang merupakan perogram Kemendikbud.

Koordinator Wilayah Kecamatan Barombong Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Hj. Nurbaya mengatakan Asesmen Nasional Benasis Komputer ini merupakan  program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Bacaan Lainnya

“Jadi melalui ANBK ini mutu satuan pendidikan akan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran, Alhamdulillah seluruh sekolah dasar yang ada di Kecamatan Barombong mengikuti Asesmen ini,”ungkap Hj. Nurbaya, Senin (22/11/2021). 

Nurbaya juga menjelaskan dalam ANBK ini bukan hanya peserta didik yang menjadi penilaian, namun juga tenaga pendidik termasuk guru dan kepala sekolah serta  lingkungan sekolah. Bagaimana potret pendidikan di Sekolah, sehingga mendorong kualitas pendidikan akan lebih baik.

“Tujuannya menghasilkan Informasi mengenai perbaikan kualitas belajar mengajar di sekolah serta meningkatkan hasil belajar murid,”kata Hj. Nurbaya.

Nurbaya juga menjelaskan, Asesmen Nasional Berbasis Komputer ini mulai didiikuti sejak tanggal 15 November 2021 lalu dan berakhir pada 25 November 2021nanti.

“Asesmen ini ada 4 gelombang dan berakhir pada 25 November 2021nanti. Tentunya kita berharap tujuan dari ANBK ini dapat tercapai sehingga agar terwujud perbaikan kualitas belajar mengajar di sekolah,”jelasnya. 

Adapun tujamuan dari ANBK sebagai penilaian terhadap mutu sekolah memiliki berbagai tujuan kegiatan, di antaranya, 

memantau perkembangan mutu sekolah dari waktu ke waktu, memantau kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antar daerah, atau pun kesenjangan antar kelompok berdasarkan atribut tertentu), memantau pengembangan kompetensi dan karakter murid, memberi gambaran tentang karakteristik sebuah satuan pendidikan yang efektif. (Sofyan)