101 Anggota Baru Pramuka Saka Bahari Daerah Sulsel Dilantik Di Lantamal VI Makassar

  • Whatsapp
101 Anggota Baru Pramuka Saka Bahari Daerah Sulsel Dilantik Di Lantamal VI Makassar

Makassa, Upeks.co.id–Sejumlah 101 anggota baru Pramuka Saka Bahari Daerah Sulawesi Selatan dilantik di Pantai Jalaria Lantamal VI pada hari Senin tanggal 15 Nobember 2021.

Pelantikan dilaksanakan dengan Upacara yang dipimpin langsung oleh Aspotmar Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Dominggus Sidang Misalayuk, S.E., selaku Ketua Pimpinan Satuan Karya (Kapinsaka) Pramuka Bahari Tingkat Daerah Sulsel.

Bacaan Lainnya

Ke-101 anggota baru Pramuka Saka Bahari tersebut, berasal dari pramuka Saka bahari binaan Dispotmar Lantamal VI yang berasal dari empat Saka Bahari Cabang Jeneponto, Maros, Bulukumba dan Takalar wilayah Sulawesi Selatan.

Dalam upacara pelantikan tersebut, Aspotmar Danlantamal VI yang mewakili Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, SE, MM, CHRMP., selaku Ka. Mabisaka Bahari Daerah Sulawesi Selatan menyematkan badge Saka Bahari kepada dua perwakilan anggota Pramuka.

Dalam sambutannya, Aspotmar Danlantamal VI menyampaikan kegiatan Saka Bahari merupakan kegiatan kepramukaan, sebagai tempat untuk menyalurkan minat dan bakat bagi para pemuda Indonesia, yakni pada golongan Pramuka Penegak dan Pandega.

“Saka Bahari merupakan binaan dari TNI AL, sebagai salah satu wadah nasional Gerakan Pramuka dan merupakan komponen cadangan yang berasal dari sumber daya manusia, yang implementasinya mengacu pada Undang-Undang Dasar Negara RI tahun 1945, tentang hak dan kewajiban seluruh warga negara dalam upaya bela negara”, ungkapnya.

“Selamat bergabung dengan Pramuka Saka Bahari Daerah Sulawesi Selatan, semoga dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku”, ujarnya.

Untuk diketahui, upacara pelantikan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan menjelang Apel Besar seluruh anggota Saka Bahari Daerah Sulawesi Selatan yang berjumlah kurang lebih 500 peserta dari 9 cabang yang akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 November 2021 mendatang di Dermaga Layang Mako Lantamal VI.

Hadir dalam upacara ini, Kadispotmar Lantamal VI Letkol Laut (KH) Dr. Bahtiar SH, MH selaku ketua Pinsaka Pramuka Bahari Kota Makassar.(rls)