Zakir Sabara: Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie Akan Melahirkan Tokoh Teknokrat di Indonesia

  • Whatsapp
Zakir Sabara: Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie Akan Melahirkan Tokoh Teknokrat di Indonesia
Dekan FTI UMI Makassar, Zakir Sabara saat Berkunjung ke Lago'ta Kafe & Resto Parepare

PAREPARE, UPEKS.co.id — Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Zakir Sabara, memandang hadirnya Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITBH) di Kota Parepare, sebagai harapan baru lahirnya tokoh-tokoh teknokrat di Indonesia dari Parepare, Sabtu (16/10/2021).

Dia menuturkan, jika ITBH Parepare adalah institut teknologi negeri pertama di Indonesia timur. Ia juga meyakini, legisi yang digagas oleh Wali Kota Parepare (Taufan Pawe) beserta seluruh tokoh-tokoh pendidikan di Kota Parepare, akan berdampak positif 15 sampai 20 tahun ke depan.

Bacaan Lainnya

“Saya mengucapkan selamat kepada warga Parepare, bahkan saya mau bilang selamat berbahagia warga Kota Parepare dan sekitarnya. Dengan dilantiknya Rektor Institut Teknologi BJ Habibie (ITBH), pada 5 Oktober yang lalu,” ucapnya saat berkunjung di Cafe Lago’ta Kafe & Resto.

Zakir juga mengatakan, jika ITBH Parepare tak lama lagi akan segera beroperasi, setelah Rektor ITBH Parepare Ansar Suyuti, merupakan Guru Besar Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas), yang dilantik oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, di Kantor Mendikbudristek Jakarta, lalu.

“Saya kira ini tidak lama lagi, karena Rektornya sudah dilantik ya, segera berbenah saya kira pemerintah, dan teman-teman dari Unhas, karena ini back up full dari Fakultas Teknik Unhas. Yang pertama sebenarnya harapan saya adalah, Parepare itu selain menjadi kota jasa kota transit, akan berubah, dia (Parepare) akan menjadi kota tujuan dan kota pendidikan, seperti kota-kota pendidikan yang lain. Seperti Malang, Bandung, Bogor, Solo,” harapnya.

Kata Zakir, secara geografis dia menganggap Kota Parepare layaknya mirip seperti, Bogor, Bandung, Malang.

“Tinggal, saya berharap, saya berharap perilaku masyarakat, pola pikir masyarakatnya, harus berubah, welcome terhadap pelajar seluruh Indonesia. Karena akan berdatangan, bahkan ke depan berdatangan dari luar negeri, orang luar negeri akan sekolah di Parepare. Sekarang warga Parepare harus berubah, jangan mahal-mahal kosnya, jangan mahal-mahal biaya makannya, biaya hidupnya. Yang paling penting kotanya harus nyaman, aman dan tenteram, itu yang paling penting,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, ITBH merupakan perguruan tinggi negeri baru di lingkungan Kemendikbudristek yang berlokasi di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin sebagai Institusi Pembina ITBH diminta mengusulkan nama Calon Rektor, dimana proses selanjutnya menjadi kewenangan Kemendikbudristek.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, telah memberikan ucapan selamat atas pelantikan Ansar Suyuti sebagai Rektor Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie (ITBH) Parepare. (AU)

 

Pos terkait