Wabup Sinjai Terima Tim Verifikasi Kabupaten Sehat

Wabup Sinjai Terima Tim Verifikasi Kabupaten Sehat

Sinjai, Upeks. co. id–Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, S.P,. M.SP menerima kunjungan Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Tingkat Nasional di Kabupaten Sinjai yang bertempat di Aula Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sinjai. Kamis, (07/10/21)

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Sinjai bersama masyarakat melalui forum Kabupaten Sinjai Sehat telah mempersiapkan 6 tatanan dalam verifikasi tahun 2021 yang tersebar di tiga kecamatan di kabupaten Sinjai.

Bacaan Lainnya

“Tatanan tersebut yakni tatanan permukiman sarana dan prasarana umum, tatanan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, tatanan pariwisata sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta tatanan kehidupan sosial yang sehat. Tatanan ini tersebar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sinjai timur Kecamatan Sinjai Utara, dan Kecamatan Bulupoddo.” Ungkap Wabup.

Wabup berharap agar apa yang menjadi kekurangan dalam verifikasi lapangan kabupaten sehat ini mendapat masukan sehingga status Swasti Saba Wistara yang didapatkan Kabupaten Sinjai pada tahun 2019 dapat dipertahankan.

“Kami mohon arahan dan petunjuk dari tim pusat kiranya dalam verifikasi lapangan ini masih terdapat kekurangan agar dapat menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk perbaikan dalam pelaksanaan program kompetensi di masa yang akan datang.” Harap Wabup.

Adapun lokus yang telah dipersiapkan oleh tim untuk diverifikasi, diantaranya :
1. Tatanan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Sehat : Program Kampung Iklim di Desa Biroro Kecamatan Sinjai Timur
2. Tatanan Kawasan Tertib Lalulintas : Terminal Induk Tellulimpoe, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara
3. Tatatan Pariwisata Sehat : Pantai Mallenreng, Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur
4. Tatanan Pangan dan Gizi :
– Kampung Sehati (Kampung Sapi Sehat Hasil Inseminasi Buatan) di Desa Bulutellue, Kecamatan Bulupoddo
– Kebun T’Sang di Kelurahan. Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara
5. Tatanan Sosial : LKS Al-hidayah di Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara
6. Tatanan Masyarakat Sehat dan Mandiri : Desa ODF dan Lokus Stunting serta Pokja Desa Sehat di Desa Lappacinrana, Kecamatan Bulupoddo
7. Sekretariat Forum Kabupaten Sinjai Sehat dan Tim Pembina KKS di Jln. Persatuan Raya
8. Sekretariat Forum Komunikasi Kecamatan Sehat di Kantor Camat Sinjai Utara. (rls)